SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Cara Unik Cina Tampilkan Status Sosial Melalui Gerbang Rumah

Rabu, 16 Januari 2019 12:28 by bellaevania | 1891 hits
Cara Unik Cina Tampilkan Status Sosial Melalui Gerbang Rumah
Image Source: Detik

DREAMERS.ID - China memiliki tradisi dan budaya yang mungkin terkesan tak biasa di negara lain. Jika di Indonesia penanda status sosial yang tinggi ditunjukkan melalui penampilan atau kepemilikan barang mewah, lain halnya dengan China yang menunjukkan status sosial melalui gerbang rumah.

Di zaman dulu, China sangat mementingkan status sosial keluarga karena berada dalam pengaruh sistem pemerintahan kerajaan. Status sosial di negeri tirai bambu itu ditentukan berdasarkan pekerjaan. Semakin bagus pekerjaannya, maka status sosialnya akan semakin tinggi.

Di kawasan Kota Tua Baihuangzhou di Jinan, Shandong, China arsitektur bangunan yang ada masih sama persis seperti bangunan-bangunan China pada jaman dahulu. Gerbang rumah warga China kala itu terbuat dari kayu mirip gerbang istana dalam ukuran kecil.


Image Source: Detik

Baca juga: Kenalan dengan Formula E, Pesaing F1 yang Rencananya Akan Digelar di Jakarta Pada 2020

Sekilas memang tidak ada yang berbeda antara gerbang rumah satu dan yang lainnya. Tetapi saat melangkahkan kaki akan terlihat sebuah pembatas gerbang. Disinilah penanda status sosial masyarakat China, keluarga yang berstatus sosial rendah memiliki pembatas gerbang rumah yang rendah.

Ketika memasuki gerbang rumah terdapat tata krama tersendiri. Siapapun tanpa memandang status sosial harus melewati pembatas gerbang tanpa menginjakkan kaki diatasnya saat bertamu kerumah seseorang. Hal ini sebagai penanda untuk tetap saling menghormati satu sama lain meskipun memiliki status sosial yang berbeda.

(bef)

Komentar
  • HOT !
    Untuk urusan makeup dan skin care, Korea Selatan mungkin bisa dibilang sebagai juaranya. Banyak sekali produk makeup sekaligus skin care yang berasal dari negeri ginseng tersebut....
  • HOT !
    Selebriti Instagram atau biasa disingkat Selebgram merupakan orang orang yang bisa disebut sebagai 'influencer'. Sebab, apapun yang selebgram kenakan atau lakukan, biasanya akan mempengaruhi banyak pengikutnya di media sosial Instagram untuk mengenakan atau melakukan hal yang sama dengan selebgram idolanya....
  • HOT !
    Saat ini merawat kulit wajah dengan menggunakan skincare banyak dilakukan khususnya oleh perempuan. Mereka sadar mengenai pentingnya merawat kulit wajah di tengah aktivitas yang padat apalagi jika dilakukan diluar ruangan yang tentunya terkena paparan sinar matahari....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : bellecious0193
Cast : Wu Yi Fan aka Kris Wu, Lee Na Ra (oc), Cho Kyuhyun, Lee Hea Ae (oc), Oh Sehun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)