home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Cara Unik Cina Tampilkan Status Sosial Melalui Gerbang Rumah

Rabu, 16 Januari 2019 12:28 by bellaevania | 1994 hits
Cara Unik Cina Tampilkan Status Sosial Melalui Gerbang Rumah
Image Source: Detik

DREAMERS.ID - China memiliki tradisi dan budaya yang mungkin terkesan tak biasa di negara lain. Jika di Indonesia penanda status sosial yang tinggi ditunjukkan melalui penampilan atau kepemilikan barang mewah, lain halnya dengan China yang menunjukkan status sosial melalui gerbang rumah.

Di zaman dulu, China sangat mementingkan status sosial keluarga karena berada dalam pengaruh sistem pemerintahan kerajaan. Status sosial di negeri tirai bambu itu ditentukan berdasarkan pekerjaan. Semakin bagus pekerjaannya, maka status sosialnya akan semakin tinggi.

Di kawasan Kota Tua Baihuangzhou di Jinan, Shandong, China arsitektur bangunan yang ada masih sama persis seperti bangunan-bangunan China pada jaman dahulu. Gerbang rumah warga China kala itu terbuat dari kayu mirip gerbang istana dalam ukuran kecil.


Image Source: Detik

Baca juga: Inilah 'Sosok Muda' yang Salip Jack Ma Sebagai Orang Terkaya Di Cina, Berkat Apa?

Sekilas memang tidak ada yang berbeda antara gerbang rumah satu dan yang lainnya. Tetapi saat melangkahkan kaki akan terlihat sebuah pembatas gerbang. Disinilah penanda status sosial masyarakat China, keluarga yang berstatus sosial rendah memiliki pembatas gerbang rumah yang rendah.

Ketika memasuki gerbang rumah terdapat tata krama tersendiri. Siapapun tanpa memandang status sosial harus melewati pembatas gerbang tanpa menginjakkan kaki diatasnya saat bertamu kerumah seseorang. Hal ini sebagai penanda untuk tetap saling menghormati satu sama lain meskipun memiliki status sosial yang berbeda.

(bef)

Komentar
  • HOT !
    Penggunaan masker untuk mengurangi penularan COVID 19 tentu sudah menjadi kewajiban yang harus dilakukan oleh semua masyarakat agar terhidar dari virus corona. Beragam masker telah dijual bebas dipasaran atau di lapak online seperti masker kain atau masker medis. Namun, tidak semua jenis masker dapat memblokir droplets atau tetesan yang berisi virus saat batuk, bersin, berbicara, atau bahkan bernapas....
  • HOT !
    Berlibur ke Seoul, Korea Selatan kurang lengkap jika belum datang ke Gwangjang Market, pasar tradisional yang terkenal menjual barang sutra berkualitas dan barang buatan tangan. Sejarahnya, Gwangjang Market berusia lebih dari 100 tahun. Awalnya didirikan dengan tujuan untuk merebut kembali kedaulatan Korea selama masa pendudukan Jepang pada tahun 1905....
  • HOT !
    Mempunyai bentuk tubuh dan berat badan ideal tentu idaman semua orang. Mencoba beragam teori atau obat diet demi menurunkan berat badan. Berat badan ideal tentu juga menghindarkan diri dari beragam bahaya kesehatan akibat dari obesitas....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)