SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bukan Berarti Pemalas, Kebiasaan 'Mager' Ternyata Turunan dari Nenek Moyang

Jumat, 05 Oktober 2018 11:56 by zia92 | 3443 hits
Bukan Berarti Pemalas, Kebiasaan 'Mager' Ternyata Turunan dari Nenek Moyang
Image source: Alamy

DREAMERS.ID - Sebagian orang yang sadar akan kesehatan atau mereka yang disebut ‘workout freak’ mungin lebih memilih mengisi waktu luang dengan berolahraga. Namun jika kamu lebih memilih untuk bersantai sambil menonton acara tv atau drama favorit, bukan berarti kamu pemalas. Karena ternyata hal tersebut memang sifat bawaan manusia sejak dulu.

Sebuah studi yang dimuat di jurnal Current Biology mendapati bahwa perilaku yang dianggap malas seperti contoh di atas memang sudah ‘dari sananya’. Menurut studi tersebut, manusia pada dasarnya memang memiliki sifat malas yang merupakan karakteristik yang ditinggalkan oleh nenek moyang kita dahulu.

Pada zaman dulu, makanan sulit diperoleh dan hanya bisa didapatkan dengan berburu. Kecenderungan untuk sedikit bergerak ini merupakan salah satu cara manusia purba untuk mempertahankan cadangan energi agar tak cepat lapar untuk mencari makanan di waktu berikutnya.

Baca juga: Ini Alasannya Mengapa Ada Orang yang Tetap Kurus Meski Banyak Makan

Meski evolusi telah mengubah cara hidup kita, kecenderungan untuk menjaga energi ini rupanya masih bertahan hingga sekarang, namun tidak kita lakukan secara sadar. Salah satu penulis studi, Max Donelan, profesor fisiologi dan kinesiologi dari Simon Fraser University, Kanada, mengatakan bahwa tubuh kita akan secara alami memilih cara terbaik untuk membatasi penggunaan kalori.

Saat berjalan, misalnya. Sistem saraf akan secara otomatis memerintahkan tubuh untuk berjalan dengan kecepatan dan panjang langkah seminim yang kita bisa untuk meminimalkan keluarnya kalori untuk mempertahankan energi itu tadi. Namun tentu saja ini sama sekali bukan alasan untuk kamu malas bergerak dan berolahraga, lho.

(fzh/womantalk)

  • HOT !
    Pesona kecantikan Irene tidak hanya mampu menghipnotis para penggemar idola K Pop saja, melainkan juga brand brand mewah untuk menjadikannya sebagai model atau brand ambassador, salah satunya adalah brand perhiasan mewah asal Italia, DAMIANI....
  • HOT !
    Stasiun Televisi Iran membatalkan siaran langsung duel dua tim Bundesliga, Bayern Munich dan Augsburg. Sebab laga tersebut dipimpin oleh wasit perempuan, Bibiana Steinhaus....
  • HOT !
    Banyak orang yang beranggapan jika sarapan dapat menunjang kemampuan otak dan memicu kecerdasan. Namun rupanya makan siang tak kalah penting bagi kecerdasan otak terutama anak anak, berdasarkan sebuah penelitian di India....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : amalamal
Cast : Kris, Sarah

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)