home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jenis Makanan yang Sebaiknya Dihindari Demi Kesuksesan Diet

Minggu, 09 September 2018 17:00 by fzhchyn | 4432 hits
Jenis Makanan yang Sebaiknya Dihindari Demi Kesuksesan Diet
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Dengan banyaknya teori dan metode diet serta pengaturan pola makan, kamu mungkin jadi bingung soal apa yang harus dimakan dan apa saja yang harus dihindari. Agar tidak kesulitan, berikut adalah 6 makanan yang sebaiknya dihindari saat sedang diet, juga sebaiknya dinikmati dengan tidak berlebihan meskipun sedang tidak diet.

1. Kentang goreng dan keripik kentang

Mengganti nasi dengan kentang rebus/kukus memang jadi subsitusi yang baik, tetapi tidak demikian dengan kentang goreng atau keripik kentang. Jangan lupa kandungan minyak pada kentang goreng dan kandungan pengawet, lemak trans, garam, MSG, dan tepung dalam keripik kentang. Jadi, jangan konsumsi keduanya sebagai pengganti karbohidrat ya.

2. Minuman beralkohol

Jangan sampai memiliki pemikiran kalau minuman tidak akan menambah asupan kalori dibandingkan makanan. Jangan lupa juga kalau bir dan wine mengandung kalori yang bila diakumulasikan selama sebulan akan menambah asupan kalori pada tubuh.

Melansir dari MSN, seorang pakar diet, Robert C. Atkin mengatakan bahwa alkohol adalah jenis kalori yang dibakar terlebih dahulu oleh tubuh. Jadi, bila ada kandungan alkohol dalam tubuh, itulah yang dibakar terlebih dahulu sebelum membakar kalori lain di dalam tubuh.

3. High-fiber snack

Baca juga: Son Heung Min, BTS dan Song Joong Ki Puncaki Reputasi Brand Akhir Tahun 2022

Sebagai ganti camilan, mungkin banyak berpikir mengonsumsi snack bar dengan iming-iming high fiber adalah opsi yang lebih sehat. “Agar mudah dicerna dan bermanfaat baik bagi tubuh, asupan serat sebaiknya dimakan dalam beberapa porsi dalam sehari, juga bisa membantu perut terasa lebih kenyang lebih lama. Sebaiknya serat tidak langsung dikonsumsi dalam jumlah besar (25 gram) seperti yang terkandung dalam 1 kemasan snack bar,” saran seorang pakar diet, Rachel Harvest kepada Cosmopolitan. Maka konsumsi 1-2 porsi buah dan sayur di dalam porsi sarapan, makan siang, dan makan malam atau di antara waktu makan sebagai snack.

4. Jus buah

Jus buah dalam kemasan perlu perhatikan baik-baik komposisinya, karena bisa jadi hanya mengandung sedikit ekstrak buah dan lebih banyak air, pengawet, pewarna, perasa, dan gula. Sementara untuk jus yang 100% terbuat dari perasan buah juga akan menumpuk jumlah kalori dari beberapa buah sekaligus (segelas jus jeruk terbuat dari lebih beberapa buah jeruk) tanpa mendapatkan serat-serat seperti saat mengonsumsi buah dalam bentuk aslinya.

5. Gula buatan

Beberapa pakar mengatakan bahwa pemanis buatan bisa memicu ketagihan dan mendorong keingingan untuk makan manis. Selain itu, beberapa bahan pembuat gula buatan juga mengandung lebih banyak bahan kimia yang kurang baik untuk kesehatan di jangka panjang. Jadi kurangi atau hentikan sama sekali konsumsi soda diet dan aneka makanan serta minuman 0 kalori yang mengandung pemanis buatan. Ganti asupan soda dengan sparkling water dengan potongan buah.

6. Roti putih dan roti multi grain

Roti yang ideal untuk dikonsumsi saat diet adalah roti dengan label whole grain yang kaya serat dan rendah kalori. Hindari mengonsumsi roti putih atau roti dengan label multi grain (yang tidak sama dengan whole grain) karena kandungan gula dan kalori yang lebih tinggi.

(fzh/womantalk)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)