SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jenis Makanan yang Sebaiknya Dihindari Demi Kesuksesan Diet

Minggu, 09 September 2018 17:00 by zia92 | 4327 hits
Jenis Makanan yang Sebaiknya Dihindari Demi Kesuksesan Diet
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Dengan banyaknya teori dan metode diet serta pengaturan pola makan, kamu mungkin jadi bingung soal apa yang harus dimakan dan apa saja yang harus dihindari. Agar tidak kesulitan, berikut adalah 6 makanan yang sebaiknya dihindari saat sedang diet, juga sebaiknya dinikmati dengan tidak berlebihan meskipun sedang tidak diet.

1. Kentang goreng dan keripik kentang

Mengganti nasi dengan kentang rebus/kukus memang jadi subsitusi yang baik, tetapi tidak demikian dengan kentang goreng atau keripik kentang. Jangan lupa kandungan minyak pada kentang goreng dan kandungan pengawet, lemak trans, garam, MSG, dan tepung dalam keripik kentang. Jadi, jangan konsumsi keduanya sebagai pengganti karbohidrat ya.

2. Minuman beralkohol

Jangan sampai memiliki pemikiran kalau minuman tidak akan menambah asupan kalori dibandingkan makanan. Jangan lupa juga kalau bir dan wine mengandung kalori yang bila diakumulasikan selama sebulan akan menambah asupan kalori pada tubuh.

Melansir dari MSN, seorang pakar diet, Robert C. Atkin mengatakan bahwa alkohol adalah jenis kalori yang dibakar terlebih dahulu oleh tubuh. Jadi, bila ada kandungan alkohol dalam tubuh, itulah yang dibakar terlebih dahulu sebelum membakar kalori lain di dalam tubuh.

3. High-fiber snack

Baca juga: Mengenal Berbagai Jenis Pola Makan yang Mempersulit Penurunan Berat Badan

Sebagai ganti camilan, mungkin banyak berpikir mengonsumsi snack bar dengan iming-iming high fiber adalah opsi yang lebih sehat. “Agar mudah dicerna dan bermanfaat baik bagi tubuh, asupan serat sebaiknya dimakan dalam beberapa porsi dalam sehari, juga bisa membantu perut terasa lebih kenyang lebih lama. Sebaiknya serat tidak langsung dikonsumsi dalam jumlah besar (25 gram) seperti yang terkandung dalam 1 kemasan snack bar,” saran seorang pakar diet, Rachel Harvest kepada Cosmopolitan. Maka konsumsi 1-2 porsi buah dan sayur di dalam porsi sarapan, makan siang, dan makan malam atau di antara waktu makan sebagai snack.

4. Jus buah

Jus buah dalam kemasan perlu perhatikan baik-baik komposisinya, karena bisa jadi hanya mengandung sedikit ekstrak buah dan lebih banyak air, pengawet, pewarna, perasa, dan gula. Sementara untuk jus yang 100% terbuat dari perasan buah juga akan menumpuk jumlah kalori dari beberapa buah sekaligus (segelas jus jeruk terbuat dari lebih beberapa buah jeruk) tanpa mendapatkan serat-serat seperti saat mengonsumsi buah dalam bentuk aslinya.

5. Gula buatan

Beberapa pakar mengatakan bahwa pemanis buatan bisa memicu ketagihan dan mendorong keingingan untuk makan manis. Selain itu, beberapa bahan pembuat gula buatan juga mengandung lebih banyak bahan kimia yang kurang baik untuk kesehatan di jangka panjang. Jadi kurangi atau hentikan sama sekali konsumsi soda diet dan aneka makanan serta minuman 0 kalori yang mengandung pemanis buatan. Ganti asupan soda dengan sparkling water dengan potongan buah.

6. Roti putih dan roti multi grain

Roti yang ideal untuk dikonsumsi saat diet adalah roti dengan label whole grain yang kaya serat dan rendah kalori. Hindari mengonsumsi roti putih atau roti dengan label multi grain (yang tidak sama dengan whole grain) karena kandungan gula dan kalori yang lebih tinggi.

(fzh/womantalk)

  • HOT !
    Menyimpan makanan di kulkas seringkali dilakukan dalam wadah tertutup. Baik itu sisa makanan, atau lauk pauk yang masih ingin dimakan setelah dihangatkan. Karena memang menyimpan makanan di kulkas akan membuatnya bertahan lebih lama....
  • HOT !
    Blazer tak hanya identik dengan pria. Belakangan blazer sering dipakai wanita tak hanya untuk gaya yang formal namun juga casual. Blazer pun mudah dipadukan dengan dalaman dan bawahan apa saja. Rupanya gaya dengan blazer dipilih aktris Tessa Thompson untuk menghadiri MTV Movie & TV Awards 2019 pada Sabtu (15/6)....
  • HOT !
    Beberapa waktu yang lalu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana menurunkan tarif jarak dekat (flag fall) ojek online (ojol) dan melarang penerapan diskon untuk semua jenis transportasi online, baik untuk jenis taksi online maupun ojol. Namun kemenhub akhirnya membatalkan rencana tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Marsha Cahya (OC), D O EXO , Lu Han, Jungshin CN Blue, Kim Wobin.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)