home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Benar untuk Tes Emas, Ini Lho Asal-usul Atlet Gigit Medali Seperti Jojo dan Kawan-kawan

Rabu, 29 Agustus 2018 11:24 by reinasoebisono | 1898 hits
Benar untuk Tes Emas, Ini Lho Asal-usul Atlet Gigit Medali Seperti Jojo dan Kawan-kawan
Image source: Dreamers.id

DREAMERS.ID - Menangnya Jonatan Christie membuatnya sekejap jadi viral di kalangan masyarakat Indonesia dan netizen. Bahkan tak sedikit yang berkelakar tentang gesture atau gerak-geriknya, salah satunya adalah kebiasaan para atlet menggigit medali emas yang diraihnya.

Sebagian netizen berguyon mengatakan jika aksi gigit medali emas itu untuk memastikan jika medali yang mereka terima bukanlah coklat. Maklum, memang ada coklat yang berbungkus kertas emas seperti koin yang dijual bebas.

Namun ternyata ada sejarah di baliknya yang memang benar ‘ritual’ menggigit tersebut adalah untuk mengetes medali yang mereka terima adalah emas asli. Melansir Detik, sejarah ini dimulai pada abad ke-19 saat perburuan emas besar-besaran terjadi di Australia, Selandia Baru, Kanada, Afrika Selatan sampai Amerika.

Kala itu, logam mulia diincar para penambang dan tak sedikit pula yang memalsukan emas dengan pirit, mineral berwarna kekuningan dengan kilap logam cerah. Nah, salahs atu mengetesnya adalah dengan cara menggigitnya.

Baca juga: Cerita Kocak Dira Sugandi Yang 'Dimodusin' Siwon Super Junior

Karena via Pop Sugar, dikatakan jika gigi manusia lebih kuat dari emas murni, tapi tidak lebih kuat daripada pirit. Jadi jika emas yang mereka dapat adalah emas murni, maka akan tertinggal bekas gigi pada medalinya.

Sebaliknya, jika yang mereka gigit adalah pirit, justru gigi mereka yang akan patah. Medali mengandung emas murni pertama kali diberikan pada para juara Olimpiade St. Louis pada tahun 1904. Tapi seiring berjalannya waktu, kini medali emas tak lagi mengandung 100% emas, bahkan 50% pun tidak.

Medali emas yang beredar kini hanya mengandung sekitar 1.34% dan sisanya adalah perak yang didaur ulang. Tapi bukan berarti medali emas kini tidak ada harganya. Menurut penulis majalah Forbes Anthony DeMarco kepada ABC News, material yang digunakan untuk membuat 'medali emas' zaman sekarang bernilai USD 564 atau sekitar Rp 8,2 juta.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)