home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Laguna Weekuri, Kolam Renang dari Alam yang Indah di Sumba

Kamis, 16 Agustus 2018 21:00 by sherleyyy | 2209 hits
Laguna Weekuri, Kolam Renang dari Alam yang Indah di Sumba
Image source: voinews.com

DREAMERS.ID - Siapa yang tidak mengetahui mengenai Sumba? Sebuah destinasi wisata yang terkenal lewat film ini memiliki pemandangan alam yang begitu indah, sehingga menjadikan Sumba sebagai destinasi wisata favorit saat ini.

Salah satu tempat wisata yang memiliki pemandangan alam yang luar biasa cantik adalah Laguna Weekuri. Laguna Weekuri ini biasanya disebut sebagai danau air asin oleh orang asli Sumba, disebut sebagai danau air asin karena airnya berasal dari air laut yang masuk lewat lubang-lubang karang.

Laguna Weekuri ini terletak di kecamatan Kodi, Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Untuk mencapai ke laguna dengan air berwarna toska dan jernih ini, akan memakan waktu satu jam dari Bandara Tambolaka. Rasa lelah selama perjalanan akan terbayar lunas ketika melihat penampakan kolan renang alam ini.

Di sekeliling laguna ini terdapat barisan batu karang gosong, batu karang ini bagaikan dinding yang melindungi laguna indah ini dari hempasan ombak laut. Oleh karena itu air di laguna ini sangat tenang. Laguna ini berbentuk oval dengan panjang sekitar 150 meter dan lebar 50 meter. 


Image source: pegipegi.com

Namun ketika laut sedang pasang, gemuruh ombak akan terdengar. Air laut yang pasang ini mengisi laguna bahkan mencapai kedalaman 2,5 meter. Dan ketika surut, airnya akan kering dan menampakan pasir putih di bagian dasar laguna.

Tidak hanya berenang, kegiatan lain yang bisa kalian lakukan adalah berburu foto matahari terbenam. Dari jembatan kayu yang dibangun, maka akan tampak matahari tenggelam dengan semburat cahaya warna merah muda dan ungu di langit Sumba.


Image source: backpackerjakarta.com

Baca juga: Nihi Sumba, Resor Terbaik Dunia Tempat Liburan Mewah Rachel Vennya Hingga Ed Sheeran

Tidak perlu khawatir mengenai fasilitas di sini, karena fasilitas yang ada di Laguna Weekuri ini terbilang baik, dengan adanya jembatan kayu, jalan setapak dari beton, anjungan lompat ke laguna, tangga besi untuk turun ke laguna, toilet, penyewaan ban, dan warung yang dikelola oleh masyarakat.

Sayangnya, jalan menuju ke Laguna Weekuri ini tidak mudah. Karena tidak ada penunjuk jalan dan seperempat jalan menuju laguna belum diaspal.

“Banyak driver memang yang nyasar kalau belum terbiasa bawa tamu ke Weekuri,” ujar warga lokal, Oktavianus yang dikutip dari kompas.

Untuk mengunjungi Laguna Weekuri kalian tidak akan dipungut biaya, tetapi kalian akan dipungut biaya parkir mobil oleh masyarakat setempat.

Jika kalian ingin berenang dan melihat pemandangan matahari tenggelam di Laguna Weekuri, kalian bisa datang ke laguna ini sekitar pukul 15.00 WITA. Hal tersebut karena, menjelang matahari tenggelam air di laguna akan surut, dan belum ada penerangan jalan jika kalian pulang terlalu malam.

(shy)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)