SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Inilah Akibat Jika Kita Sering Marah-marah

Rabu, 27 Maret 2013 12:30 by citra09 | 8714 hits
Inilah Akibat Jika Kita Sering Marah-marah
richardrshapiro.com

Jika kesal dan emosi terhadap sesuatu, seseorang cenderung langsung meluapkan amarahnya. Amarah bahkan sering sekali sulit untuk dikendalikan. Padahal banyak ahli medis yang menyatakan jika luapan emosi atau amarah berlebihan dapat mengakibatkan masalah kesehatan serius, terutama pada orang yang mengalami penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

Ini terjadi karena luapan emosi dan amarah dapat meningkatkan tekanan darah dan detak jantung. Pada kasus yang lebih parah, bisa mengakibatkan pecahnya pembuluh darah hingga kematian mendadak. Dikutip dari duniafitnes, berikut akibat fatal yang timbul jika kita sering marah:

Stres Berkepanjangan
Stres adalah efek samping yang terjadi akibat amarah yang meledak-ledak. Biasanya stres akan muncul ketika amarah sudah mereda, dan ini bisa menjadi stres yang berkepanjangan. Saat marah, tubuh memproduksi hormon kortisol, hormon yang diproduksi oleh kelenjar adrenal yang dapat meningkatkan tekanan darah dan gula darah. Tentu hal ini tidak baik bagi penderita tekanan darah tinggi dan diabetes.

Tekanan Darah Tinggi
Saat marah, tekanan darah dalam tubuh akan meningkat seiring dengan meningkatnya detak jantung. Jika terjadi dalam waktu yang lama, tekanan darah yang terlalu tinggi dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah di otak (stroke).

Serangan Jantung
Sebuah studi ilmiah di Swedia menunjukkan bahwa luapan emosi saat marah dapat meningkatan risiko serangan jantung dan stroke. Marah juga berpotensi memperlemah sistem kekebalan tubuh sehingga mereka yang memiliki sifat temperamen cenderung mudah sakit.

Para ahli menyatakan, saat marah datang detak jantung akan meningkat menjadi 180 detak jantung/menit, sehingga membutuhkan lebih banyak oksigen dan membuat napas menjadi sesak. Inilah yang dapat memperburuk kondisi jantung.

Gangguan Pernapasan
Orang-orang yang menderita asma juga patut waspada saat meluapkan amarahnya. Pasalnya, penderita asma akan semakin sulit untuk bernapas saat sedang marah, mengingat peningkatan detak jantung membutuhkan oksigen yang lebih banyak dan membuat napas menjadi tersengal-sengal.

Sakit Kepala
Peningkatan tekanan darah dan detak jantung saat marah juga dapat membuat pembuluh darah di kepala semakin berdenyut cepat. Inilah yang dapat memicu sakit kepala dan memperburuk kondisi kesehatan kita.

Sulit Tidur
Stres, sakit kepala, dan kondisi psikis yang belum stabil akan membuat kita sulit untuk beristirahat. Bahkan untuk tidur beberapa menit saja, tubuh kita tidak mau diajak kompromi. Jika ini yang terjadi, maka daya tahan tubuh akan menurun dan lebih rentan terkena berbagai penyakit.

Sebaiknya sebelum meluapkan amarah, tariklah napas dalam-dalam dan hembuskan perlahan. Cara ini bisa membantu mengendalikan luapan amarah yang dapat merugikan kesehatan.

Komentar
CONTACT US
Informasi pemasangan iklan: sales@dreamers.id
Enquiries: info@dreamers.id
  • HOT !
    Selalu tampil kompak di atas panggung dan tinggal di bawah satu atap yang sama, BTS tetaplah tujuh pria dengan kepribadian yang berbeda. Tak hanya sifatnya, bahkan dalam urusan fashion, mereka juga punya selera yang berbeda....
  • HOT !
    Tampil selalu cantik dan mempesona sudah jadi bagian pekerjaan para public figure, termasuk para aktris Korea. Meski rumor operasi plastik cukup ramai dilakukan oleh warga ngeri ginseng tersebut, namun tidak sedikit seleb Korea yang diketahui memiliki kecantikan alami yang mampu membuat iri hampir seluruh wanita di dunia....
  • HOT !
    Sudah menjadi rahasia umum jika mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Hal ini juga didukung dengan pernyataan para ahli kesehatan dari American Heart Association dan World Heart Federation bahwa lemak jenuh dapat menimbulkan plak pada arteri, membuatnya mengeras, hingga akhirnya memicu penyakit jantung koroner....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : munzioezy
Cast : Lay EXO, Eunji A-Pink, Kris Exo, and other

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)