SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Alasan Jam 2 Siang Jadi Waktu Paling Bikin Malas dan Mengantuk

Jumat, 25 Agustus 2017 13:30 by zia92 | 2471 hits
Alasan Jam 2 Siang Jadi Waktu Paling Bikin Malas dan Mengantuk
Image source: photostock

DREAMERS.ID - Siang hari memang menjadi waktu yang rawan bagi sebagian orang, apalagi para pekerja kantoran. Setelah jam makan siang dan puas mengobrol dengan rekan kerja, rasa malas dan mengantuk pasti melanda yang biasa terjadi sekitar jam 2 siang.

Sebenarnya, rasa malas dan mengantuk tersebut tak hanya disebabkan oleh asupan nasi dalam jumlah banyak yang mengakibatkan peningkatan glukosa dalam darah saja melainkan ada faktor lainnya. Studi yang dilakukan oleh Jamie Byrne, kandidat doktor dari Swinburne University of Technology mengungkap bahwa apa yang dirasakan pada pukul 2 siang terkait dengan sistem penghargaan otak dan tubuh.

Sederhananya, setiap kali kita melakukan aktivitas, otak kita akan memberikan penghargaan. Bagian otak yang memberikan penghargaan ini adalah putamen kiri, terletak di bagian dasar otak depan. Otak lebih memberikan penghargaan pada kesenangan yang tak terduga, misalnya saat menerima kejutan ulang tahun.

Baca juga: Cara Sederhana Meredakan Sakit Leher dan Bahu yang Patut Dicoba

Nah otak juga ternyata lebih aktif memberikan penghargaan pada siang hari. Saat jam 2 siang, tubuh sudah bekerja berjam-jam. Maka, otak membutuhkan penghargaan lebih. Namun kadang itu tak terpenuhi sehingga berujung pada kelelahan.

Hasil penelitian yang dipublikasikan di Journal of Neuroscience ini bermanfaat untuk merencanakan kegiatan sehari-hari. Hindari melakukan tugas penting pada jam 2 siang, kecuali terpaksa. Lakukan pekerjaan paling mudah atau kurang penting pada pukul 2 siang sementara kegiatan yang sulit atau berat (misal olahraga) pada pagi atau sore hari.

(fzh/Mother News Network/Kompas)

  • HOT !
    Karyawan Apple baru saja pindah ke markas baru sekitar April 2017 lalu. Kantor pusat yang diberi nama Apple Park yang berlokasi di Silicon Valley, California, Amerika Serikat tersebut memiliki desain sangat futuristik menyerupai kapal luar angkasa....
  • HOT !
    Jadi hal yang wajar saat artis dari satu agensi bisa mengenakan pakaian yang kembar karena mungkin menggunakan jasa satu stylist atau mendapatkan sponsor yang sama, terutama jika memang sudah sangat populer. Seperti halnya yang terjadi pada CL, G Dragon dan T.O.P Big Bang, serta Rihanna....
  • HOT !
    Jika biasanya stylus digunakan untuk menulis, menggambar, dan fungsi lainnya pada perangkat touchscreen seperti smartphone, laptop, dan tablet, maka pena digital ini sepertinya akan lebih canggih di masa depan....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)