SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Alasan Jam 2 Siang Jadi Waktu Paling Bikin Malas dan Mengantuk

Jumat, 25 Agustus 2017 13:30 by zia92 | 2517 hits
Alasan Jam 2 Siang Jadi Waktu Paling Bikin Malas dan Mengantuk
Image source: photostock

DREAMERS.ID - Siang hari memang menjadi waktu yang rawan bagi sebagian orang, apalagi para pekerja kantoran. Setelah jam makan siang dan puas mengobrol dengan rekan kerja, rasa malas dan mengantuk pasti melanda yang biasa terjadi sekitar jam 2 siang.

Sebenarnya, rasa malas dan mengantuk tersebut tak hanya disebabkan oleh asupan nasi dalam jumlah banyak yang mengakibatkan peningkatan glukosa dalam darah saja melainkan ada faktor lainnya. Studi yang dilakukan oleh Jamie Byrne, kandidat doktor dari Swinburne University of Technology mengungkap bahwa apa yang dirasakan pada pukul 2 siang terkait dengan sistem penghargaan otak dan tubuh.

Sederhananya, setiap kali kita melakukan aktivitas, otak kita akan memberikan penghargaan. Bagian otak yang memberikan penghargaan ini adalah putamen kiri, terletak di bagian dasar otak depan. Otak lebih memberikan penghargaan pada kesenangan yang tak terduga, misalnya saat menerima kejutan ulang tahun.

Baca juga: Disebut Penyakit Mental, WHO Punya Istilah Baru untuk Kecanduan Main Game

Nah otak juga ternyata lebih aktif memberikan penghargaan pada siang hari. Saat jam 2 siang, tubuh sudah bekerja berjam-jam. Maka, otak membutuhkan penghargaan lebih. Namun kadang itu tak terpenuhi sehingga berujung pada kelelahan.

Hasil penelitian yang dipublikasikan di Journal of Neuroscience ini bermanfaat untuk merencanakan kegiatan sehari-hari. Hindari melakukan tugas penting pada jam 2 siang, kecuali terpaksa. Lakukan pekerjaan paling mudah atau kurang penting pada pukul 2 siang sementara kegiatan yang sulit atau berat (misal olahraga) pada pagi atau sore hari.

(fzh/Mother News Network/Kompas)

  • HOT !
    Oraganisasi Kesehatan Dunia (World Health Organisation/WHO) resmi menghapus transgender dari golongan penyakit mental pada Senin (18/6). Kondisi ketidaksesuaian gender tersebut kini masuk ke dalam kategori 'kondisi yang berkaitan dengan kesehatan seksual’ setelah sebelumnya diklasifikasikan dalam 'gangguan mental, perilaku, dan perkembangan saraf'....
  • HOT !
    Sementara beberapa daerah melakukan serangkaian program dan cara untuk menekan meningkatnya populasi atau kepadatan penduduk, di satu lokasi unik ini justru meminta orang untuk pindah ke areanya, bahkan diberi uang yang tidak sedikit!...
  • HOT !
    Mudik kekinian tak melulu harus lelah, capek dan bermacet ria. Karena pilihan layanan khusus kereta wisata telah ada dan langsung jadi favorit masyarakat. Terbukti dengan ludesnya terjual tiket kereta wisata untuk para pemudik yang jadi tren....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : siwon, yoora ,onew, luhan, kang minhyuk & All Artist SMEnt.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)