SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hati-hati Jika Krim Pemutih Wajahmu Memiliki Ciri-ciri Seperti Ini

Senin, 07 Agustus 2017 14:13 by zia92 | 16264 hits
Hati-hati Jika Krim Pemutih Wajahmu Memiliki Ciri-ciri Seperti Ini
Image source: Pinterest

DREAMERS.ID - Untuk mendapatkan penampilan yang menawan, banyak cara dilakukan oleh manusia, khususnya wanita. Salah satu cara yang umum dilakukan adalah dengan menggunakan produk kecantikan, misalnya produk pemutih wajah untuk mendapatkankan kulit yang lebih cerah.

Namun terkadang kita sering melupakan mengenai bahaya yang mengintai di balik produk tersebut. Agar terhindar dari dampak buruknya, berikut ciri-kiri kosmetik berbahaya yang mengandung merkuri.

1. Tidak ada Izin BPOM atau lembaga kesehatan
Krim-krim pemutih berbahaya sudah pasti tidak masuk dalam daftar BPOM Indonesia. Hati-hati jika ada krim yang mencantumkan nomor registrasi atau apapun, cek kebenarannya di situs resmi BPOM.

2. Warna krim mengkilap
Warna dalam krim abal-abal yang biasanya dimasukkan dalam wadah jar memiliki warna yang menyolok. Seringkali pewarna yang digunakan adalah pewarna berbahaya. Curigai krim yang berwarna kuning atau putih mengkilap seperti mutiara.

3. Tidak tercampur rata dan lengket
Krim pemutih abal-abal biasanya lengket karena dicampur dengan bedak. Selain itu, krim terasa kasar saat dipakai. Beberapa krim pemutih berbahaya kadang terpisah, ada bagian yang berminyak atau padat dalam satu kemasan.

4. Bau menyengat
Cium aroma krim pemutihmu, jika mencium aroma logam, sebaiknya buang. Produsen biasanya menyamarkan aroma ini dengan memberi parfum yang aromanya tajam.

Baca juga: Bahaya di Balik Praktisnya Tisu Pembersih Wajah

5. Panas dan perih saat dipakai
Kosmetik seringkali menimbulkan reaksi setelah dipakai. Pada kosmetik yang mengandung bahan berbahaya, kulit akan terasa panas, perih, memerah atau gatal. Penjual biasanya berkilah itu adalah reaksi biasa, tetapi ini adalah bukti bahwa kosmetik tersebut mengandung bahan keras yang tidak cocok untuk kulit.

6. Kulit merah saat kena matahari
Kulit memiliki perlindungan alami, sehingga dia tidak akan merah meskipun kita berdiri di bawah matahari yang terik. Tetapi bila kulit mulai memerah jika terkena matahari, maka kemungkinan ada lapisan kulit telah rusak.

7. Kulit putih pucat dan tidak alami
Krim pemutih yang aman akan memberikan hasil putih cerah atau putih normal seperti kulit yang jarang terkena sinar matahari. Krim pemutih berbahaya biasanya memberi hasil putih yang sangat putih seperti kertas HVS, pucat, bahkan keabu-abuan.

8. Hasil sangat cepat
Kita justru harus waspada pada krim pemutih yang memberi hasil cepat. Jika kulit lebih putih dalam waktu hitungan hari atau minggu, itu adalah efek berbahaya merkuri atau hidrokuinon. Apalagi jika kulit tampak halus, bebas jerawat dan pori-pori mengecil. Awalnya memang bagus, tetapi lapisan kulit kita akan rusak dan menimbulkan masalah kesehatan akut.

9. Ketergantungan
Jika pemakaian krim pemutih dihentikan, wajah akan tampak menggelap, sehingga muncul ketergantungan untuk terus memakai krim berbahaya tersebut. Semakin lama dipakai, racun semakin menumpuk dalam tubuh dan jaringan kulit pada akhirnya akan semakin rusak.

(fzh/Vemale)

Komentar
  • HOT !
    Satu lagi pagelaran busana yang memamerkan koleksi terbaru para desainer asal Korea Selatan kembali digelar. ‘2017 Fall/Winter Seoul Fashion Week’ yang akan berlangsung selama lima hari di Dongdaemun Plaza sudah dihadiri oleh sederet selebriti ternama termasuk pada boy group....
  • HOT !
    Laporan mengejutkan datang dari peneliti siber asal Belgia, Mathy Vanhoef dan Frank Piessens dari Universitas KU Leuven. Mereka mmeperingatkan para pengguna jaringan nirkabel atau Wi Fi untuk berhati hati terhadap serangan hacking atau peretasan....
  • HOT !
    Pena digital Stylus merupakan salah satu alat yang dibenci mendiang Steve Jobs, salah satu pendiri Apple. Namun perusahaan teknologi tersebut dirumorkan akan melengkapi iPhone 11 di tahun 2019 mendatang dengan Stylus....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : HeoMicha
Cast : Jeon Jungkook(BTS), Jeon Heejin(Loona), Jeon Wonwoo, Mingyu(seventeen) Bae Yoobin(OMG), Doyeon(IOI)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)