SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hati-hati Jika Krim Pemutih Wajahmu Memiliki Ciri-ciri Seperti Ini

Senin, 07 Agustus 2017 14:13 by zia92 | 15882 hits
Hati-hati Jika Krim Pemutih Wajahmu Memiliki Ciri-ciri Seperti Ini
Image source: Pinterest

DREAMERS.ID - Untuk mendapatkan penampilan yang menawan, banyak cara dilakukan oleh manusia, khususnya wanita. Salah satu cara yang umum dilakukan adalah dengan menggunakan produk kecantikan, misalnya produk pemutih wajah untuk mendapatkankan kulit yang lebih cerah.

Namun terkadang kita sering melupakan mengenai bahaya yang mengintai di balik produk tersebut. Agar terhindar dari dampak buruknya, berikut ciri-kiri kosmetik berbahaya yang mengandung merkuri.

1. Tidak ada Izin BPOM atau lembaga kesehatan
Krim-krim pemutih berbahaya sudah pasti tidak masuk dalam daftar BPOM Indonesia. Hati-hati jika ada krim yang mencantumkan nomor registrasi atau apapun, cek kebenarannya di situs resmi BPOM.

2. Warna krim mengkilap
Warna dalam krim abal-abal yang biasanya dimasukkan dalam wadah jar memiliki warna yang menyolok. Seringkali pewarna yang digunakan adalah pewarna berbahaya. Curigai krim yang berwarna kuning atau putih mengkilap seperti mutiara.

3. Tidak tercampur rata dan lengket
Krim pemutih abal-abal biasanya lengket karena dicampur dengan bedak. Selain itu, krim terasa kasar saat dipakai. Beberapa krim pemutih berbahaya kadang terpisah, ada bagian yang berminyak atau padat dalam satu kemasan.

4. Bau menyengat
Cium aroma krim pemutihmu, jika mencium aroma logam, sebaiknya buang. Produsen biasanya menyamarkan aroma ini dengan memberi parfum yang aromanya tajam.

Baca juga: Bahan dalam Produk Kecantikan yang Harus Dihindari Pemilik Kulit Kering

5. Panas dan perih saat dipakai
Kosmetik seringkali menimbulkan reaksi setelah dipakai. Pada kosmetik yang mengandung bahan berbahaya, kulit akan terasa panas, perih, memerah atau gatal. Penjual biasanya berkilah itu adalah reaksi biasa, tetapi ini adalah bukti bahwa kosmetik tersebut mengandung bahan keras yang tidak cocok untuk kulit.

6. Kulit merah saat kena matahari
Kulit memiliki perlindungan alami, sehingga dia tidak akan merah meskipun kita berdiri di bawah matahari yang terik. Tetapi bila kulit mulai memerah jika terkena matahari, maka kemungkinan ada lapisan kulit telah rusak.

7. Kulit putih pucat dan tidak alami
Krim pemutih yang aman akan memberikan hasil putih cerah atau putih normal seperti kulit yang jarang terkena sinar matahari. Krim pemutih berbahaya biasanya memberi hasil putih yang sangat putih seperti kertas HVS, pucat, bahkan keabu-abuan.

8. Hasil sangat cepat
Kita justru harus waspada pada krim pemutih yang memberi hasil cepat. Jika kulit lebih putih dalam waktu hitungan hari atau minggu, itu adalah efek berbahaya merkuri atau hidrokuinon. Apalagi jika kulit tampak halus, bebas jerawat dan pori-pori mengecil. Awalnya memang bagus, tetapi lapisan kulit kita akan rusak dan menimbulkan masalah kesehatan akut.

9. Ketergantungan
Jika pemakaian krim pemutih dihentikan, wajah akan tampak menggelap, sehingga muncul ketergantungan untuk terus memakai krim berbahaya tersebut. Semakin lama dipakai, racun semakin menumpuk dalam tubuh dan jaringan kulit pada akhirnya akan semakin rusak.

(fzh/Vemale)

Komentar
  • HOT !
    Masih lekat di ingatan ketika Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud mengunjungi Indonesia dan berlibur di Bali hingga seminggu menghabiskan dana ratusan miliar. Betapa tidak, dirinya memboyong 1.500 orang bersamanya....
  • HOT !
    Majalah Playboy Edisi Korea akhirnya rilis dan dapat ditemui di rak rak toko buku lokal pada Senin (21/8). Konten majalahnya sendiri mencakup berbagai topik, mulai dari selebriti, isu sosial dan politik, hingga gaya hidup....
  • HOT !
    Smartphone teranyar Samsung Galaxy S8 tercatat sebagai ponsel Android terlaris di kuartal kedua tahun 2017. Berdasarkan hasil riset dari Strategy Analytics, pengiriman Galaxy S8 mencapai 10,2 juta unit. Jika digabungkan dengan pengiriman Galaxy S8+, total pengapalan kedua ponsel tersebut menyentuh angka 19 juta unit....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)