home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Masih Sering Digunakan, Simak Bahaya Plastik dan Kertas Bekas untuk Pembungkus Makanan

Jumat, 10 Maret 2017 14:00 by fzhchyn | 2912 hits
Masih Sering Digunakan, Simak Bahaya Plastik dan Kertas Bekas untuk Pembungkus Makanan
Image source: Pinterest

DREAMERS.ID - Selain kualitas kebersihan dari makanan itu sendiri, kebersihan tempat membungkus makanan juga penting untuk diperhatikan. Meski tak layak digunakan untuk pembungkus makanan, tapi masih banyak yang menggunakan kantong plastik hitam dan kertas bekas.

Melansir CNN Indonesia, Direktur Pengawasan Produk dan Bahan Berbahaya Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Mustofa mengatakan bahwa pembungkus makanan tersebut mungkin mengandung bahan yang berbaya. “Kresek hitam jangan digunakan untuk mewadahi makanan. Kita tidak tahu plastik itu dari mana karena merupakan daur ulang," katanya.

Sumber yang tidak jelas darimana plastik hitam berasal menjadi hal yang patut dikhawatirkan. Menurut Mustofa, bisa saja plastik tersebut dibuat dari sisa plastik pembuangan dari rumah sakit yang mengandung banyak virus dan bakteri. Namun, ia mengatakan saat ini penggunaan plastik hitam sudah berkurang. Pedagang maupun masyarakat sudah banyak beralih menggunakan plastik bening.

Baca juga: Penjelasan Ahli Soal Resiko Penularan Virus COVID-19 Saat Beli Makanan Online

Tidak hanya penggunaan plastik hitam yang dilarang. Penggunaan kertas bekas sebagai wadah makanan juga ternyata tidak baik untuk kesehatan. Biasanya, kertas bekas sering menjadi wadah gorengan.

Kepala Bidang SD dan PLB Dinas Pendidikan DKI Jakarta Kanti Herawati mengatakan penggunaan kertas bekas untuk gorengan berbahaya. Tinta yang masih terdapat dalam kertas akan mengeluarkan senyawa berbahaya jika terkena panas. "Kalau beli gorengan baiknya bawa piring sendiri, jadi tidak dikemas dalam kertas," kata Kanti.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)