home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tak Hanya Kurang Tidur, Beberapa Hal Ini Juga Bisa Sebabkan 'Mata Panda'

Rabu, 30 November 2016 16:13 by fzhchyn | 2572 hits
Tak Hanya Kurang Tidur, Beberapa Hal Ini Juga Bisa Sebabkan 'Mata Panda'
Image source: Getty Image

DREAMERS.ID - Salah satu dampak paling terlihat saat seseorang kurang tidur adalah munculnya ‘mata panda’ atau timbulnya lingkaran hitam disekitar mata dan juga kantong mata. Gara-gara mata panda ini, wajah akan terlihat lelah, kusam, dan tidak segar.

Dilansir dari laman Live Science, ada beberapa penyebab mengapa lingkaran hitam dan kantong mata bisa timbul akibat kurang tidur. Selain karena faktor genetik, hal ini juga dipengaruhi faktor kebiasaan, seperti pola makan misalnya.

1. Genetik

Menurut Dr.Carol Clinton, spesialis kulit dari Timeless Skin Solutions di Dublin, faktor genetik adalah yang paling besar peranannya dalam menciptakan mata panda ini. Kantong mata secara umum lebih terlihat pada orang yang karena faktor genetiknya memiliki kulit yang pucat dan tipis.

"Saat seseorang lelah atau stres, sirkulasi darah di area mata cenderung melambat, sehingga darah berkumpul di situ. Pembuluh darah tipis atau kapilaris juga akan meregang dan bocor sehingga muncul lingkaran hitam di sekitar mata," kata Clinton.

Selain itu, sebagian orang juga secara genetik rentan pada subluksasi atau pergerakan lemak dari bawah bola maka ke bagian depan mata. Jika seseorang mengalami gerakan lemak yang maju ke depan, maka kantong mata jadi terlihat lebih mencolok.

Sayangnya, subluksasi itu tidak terkait dengan seberapa banyak durasi tidur kita. "Dengan kata lain, orang yang tidur 9 jam saat malam juga bisa memiliki kantong mata, karena penyebabnya adalah faktor genetik," katanya.

Baca juga: Klaim Virus Corona Bisa Menular Lewat Mata, Berikut Penjelasannya

2. Lingkungan

Ada jenis alergi yang bisa menyebabkan kapilaris bocor. Saat tubuh terpapar alergen, tubuh akan melepaskan protein yang disebut histamin. Zat tersebut menyebabkan pembuluh darah di sekitar dan dalam mata bengkak. Selain itu, terlalu sering terpapar sinar matahari juga akan merusak kulit, membuat lingkaran hitam di bawah mata lebih terlihat.

3. Makanan dan kebiasaan

Jika kamu suka makanan yang asin, sebaiknya mulai menguranginya demi mengusir lingkaran hitam dan kantong mata. Karena kebiasaan mengonsumsi makanan yang asin bisa menyebabkan tubuh menahan air, sehingga kantong mata semakin parah.

4. Kebiasaan

Sering mengucek-ngucek mata juga membuat lingkaran hitam lebih kentara, karena kebiasaan ini merangsang kapilaris yang sudah tipis itu menjadi bocor. Jika mata terasa gatal, kompres dengan es batu selama sekitar 90 detik untuk mengurangi rasa gatalnya. Kompres es juga akan mengecilkan pembuluh darah dan menghentikan sensasi gatal.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)