home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tips Rawat Lensa Kontak Agar Tak Buat Mata Perih

Minggu, 25 Desember 2016 11:15 by fzhchyn | 4901 hits
Tips Rawat Lensa Kontak Agar Tak Buat Mata Perih
Image source: people.com

DREAMERS.ID - Lensa kontak atau contact lens kini sudah bukan menjadi benda asing lagi dalam kehidupan sehari-hari. Sebagian orang menggunakannya untuk alasan kesehatan (penglihatan mata) atau hanya mendukung penampilan. Namun apapun tujuannya, merawat lensa kontak adalah sebuah keharusan jika tak ingin sesuatu yang buruk terjadi pada mata.

Salah satu hal yang sangat dilarang jika kamu menggunakan lensa kontak adalah pergi tidur dengan lensa kontak yang masih menempel di mata. Kebiasaan ini bisa meningkatkan risiko keratitis hingga lima kali lipat. Keratitis sendiri merupakan infeksi yang dapat menyebabkan nyeri dan peradangan pada kornea.

Menurut sebuah hasil laporan yang dikutip dari laman Women’s Health, tercatat ada satu juta orang dilarikan ke UGD atau ruang dokter setiap tahunnya akibat peradangan keratitis tersebut. Nah jika kamu tak ingin bernasib sama, rawat lensa kontak dengan tepat dengan tip berikut.

1. Bersihkan dengan benar

Membersihkan lensa kontak dengan tepat dan benar adalah wajib. Kebanyakan orang biasanya memilih untuk langsung merendamnya. Padahal mengusap dan mencucinya dengan larutan pembersih lensa adalah cara terbaik untuk mencegahinfeksi.

2. Taruh di tempat yang tepat

Baca juga: Klaim Virus Corona Bisa Menular Lewat Mata, Berikut Penjelasannya

Jangan sekali-kali meletakkan lensa kontak di bawah air atau memegangnya dengan tangan yang basah. Hal ini dikarenakan H2O (air) mengandung organisme kecil yang dapat menyebabkan keratitis.

3. Bersihkan tempatnya

Jangan hanya lensa kontak yang dibersihkan, membersihkan tempat lensa kontak juga sama pentingnya. Caran membersihkan tempat lensa kontak adalah dengan larutan pembersih lensa yang dilakukan setiap hari. Selain itu, sebisa mungkin ganti tempat lensa setidaknya tiga bulan sekali.

4. Jangan gunakan pembersih lensa berkali-kali

Menggunakan larutan pembersih lensa berali-kali sangat tidak dianjurkan. Larutan yang sudah terpakai untuk membersihkan sekali, bisa saja sudah terkontaminasi kuman yang berasal dari lensa kontak, dan mmebuat desinfektan bekerja kurang efektif.

(fzh)

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)