home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Simak Cara Ampuh Agar Tak Kalap Saat Menyantap Hidangan Berbuka

Jumat, 26 Juni 2015 17:10 by zia92 | 1739 hits
Simak Cara Ampuh Agar Tak Kalap Saat Menyantap Hidangan Berbuka
Image source: group4deal.

DREAMERSRADIO.COM - Seharian menahan lapar dan haus membuat sebagian orang kalap dan tidak bisa mengontrol diri dari mengkonsumsi makanan berlebihan. Mulai dari minuman manis yang menyegarkan, hidangan pembuka yang menggoda selera, sampai hidangan utamanya.

Berbuka puasa berlebihan tentu tidak baik karena perut yang kosong akan kaget dengan asupan makanan yang banyak. Jadi sebaiknya saat berbuka, dilakukan tahapan seperti yang dikutip dari laman vemale berikut.

1. Awali dengan segelas air putih

Sebelum menyantap menu apapun, awali buka puasa dengan meminum segelas air putih. Nikmati setiap tegukannya, tak perlu terburu-buru. Rasakan bagaimana air mengalir melewati tenggorokan hingga ke perut. Cara ini bisa membantu mengembalikan sistem metabolisme tubuh dengan baik.

2. Takjil dalam porsi kecil

Meski lapar, bukan berarti kita bisa langsung mengambil porsi besar makanan. Ambil porsi kecil terlebih dahulu. Setiap suapan yang masuk harus dikunyah benar-benar sebelum ditelan. Mungkin agak susah ya menahan godaan makan, tapi demi kesehatan, memang lebih baik untuk mengontrol diri.

Baca juga: Buka Puasa dengan Menu Es Campur Rumahan Ala Korea Patbingsoo, Yuk!

3. Beri jeda waktu sebelum menyantap hidangan utama

Beri jeda waktu beberapa menit sebelum menikmati hidangan utama. Misal, kita bisa menunaikan salat Maghrib terlebih dahulu sebelum makan hidangan utama. Setelah puasa seharian, perut butuh waktu untuk kembali bekerja mencerna makanan. So, berikan waktu selang beberapa menit usai menikmati hidangan takjil sebelum menyantap menu utama.

4. Makan dengan rapi

Gunakan piring, sendok, garpu ketika makan. Nikmati makanan dengan rapi dan nyaman. Secara psikologis, cara ini juga membuat seseorang lebih "rapi" dalam memasukkan makanan ke mulut. Saat mengunyah makanan, kunyah dengan cara perlahan-lahan. Saat menyendokkan makanan, ambil makanan yang cukup.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Selain dikenal sebagai kampung halamannya para artis K POP dan K Drama, Korea Selatan juga menjadi salah satu destinasi wisata yang mungkin harus masuk dalam wish list kalian. Bukan hanya kuliner Korea Selatan juga menawarkan berbagai keindahan alamnya....
  • HOT !
    Selebriti cantik, Jessica Iskandar yang aktif di dunia akting, model hingga pembawa acara ini selalu peduli terhadap penampilan. Meski sudah memiliki anak satu tetap membuat dirinya untuk selalu tampil sempurna di depan publik....
  • HOT !
    Memiliki wajah bulat atau tembam mungkin terlihat lucu dan mengemaskan. Namun pipi yang chubby akan terlihat seperti membengkak, sehingga membuat tidak percaya diri. Maka banyak perempuan yang melakukan berbagai cara agar pipinya tirus....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : indiraptrf
Cast : Catherine(oc), Kim Woojoong, Park Chanyeol, Park Jiyeon.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)