home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hindari 5 Makanan dan Minuman Ini Kalau Nggak Mau Cepat Tua

Senin, 16 Agustus 2021 13:45 by rizaluthfiah | 1895 hits
Hindari 5 Makanan dan Minuman Ini Kalau Nggak Mau Cepat Tua
Image Source : Dream Derma Clinic

DREAMERS.ID - Seiring dengan bertambahnya usia, organ tubuh seperti kulit dapat mengalami penuaan. Cara yang baik untuk mencegahnya adalah mengatur pola makan, dengan memperbanyak konsumsi asupan nutrisi dan protein.

Dilansir dari Tempo, berikut makanan dan minuman yang menjadi penyebab kulit kering serta tampak lebih tua.

1. Gula

Saat mengonsumsi gula, akan terjadi proses glikasi di tubuh. Gula menempel pada protein untuk membentuk molekul berbahaya yang disebut produk akhir glikasi lanjutan (AGE). Protein yang rentan terhadap kerusakan oleh AGE ini umumnya adalah kolagen dan elastin, yang mengakibatkan munculnya kulit kendur atau keriput. 

Jadi, meski sudah melakukan perawatan mahal, hasilnya tak akan maksimal jika masih konsumsi tinggi gula. Gula ditemukan dalam banyak mengandung karbohidrat, dan juga minuman manis yang jadi jajanan favorit banyak orang.

2. Terlalu Banyak Kopi

Kulit bergantung pada hidrasi agar tetap kenyal dan terlihat muda. Kafein pada kopi bersifat diuretik dan juga cukup asam. Sifat tersebut membuat kafein dapat mempengaruhi hormon dan tingkat stres dalam tubuh, serta kesehatan pencernaan.

3. Alkohol

Seperti kopi, alkohol membuat tubuh dehidrasi dan menyebabkan peradangan di tubuh. Alkohol mengakibatkan kemerahan yang terlihat di kulit. Dehidrasi sangat buruk untuk kulit, jadi jika minum satu atau dua gelas alkohol jangan lupa untuk rehidrasi dengan segelas air.

4. Makanan Gorengan

Makanan yang digoreng atau gorengan sering sarat dengan lemak jenuh teroksidasi yang tidak baik untuk kulit. Beda dengan lemak sehat seperti omega-3, lemak jenuh dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan mempengaruhi sirkulasi darah.

Ini bisa menghambat kemampuan kulit untuk menerima nutrisi yang benar-benar dibutuhkan.

5. Susu

Kandungan hormon dalam susu sapi sangat tinggi karena sapi sering diberi hormon agar mereka tetap memproduksi susu sepanjang tahun. Hormon-hormon yang terminum dari produk susu ini pada akhirnya bisa memicu jerawat, kelebihan estrogen dan peningkatan lendir dalam tubuh. 

Itu bisa menyebabkan masalah seperti peradangan dan proliferasi bakteri berbahaya tertentu. Jadi, untuk mencegah penuaan kulit, ganti susu sapi dengan susu lainnya seperti kacang almond.

(rzlth)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)