home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hindari 5 Makanan dan Minuman Ini Kalau Nggak Mau Cepat Tua

Senin, 16 Agustus 2021 13:45 by rizaluthfiah | 1838 hits
Hindari 5 Makanan dan Minuman Ini Kalau Nggak Mau Cepat Tua
Image Source : Dream Derma Clinic

DREAMERS.ID - Seiring dengan bertambahnya usia, organ tubuh seperti kulit dapat mengalami penuaan. Cara yang baik untuk mencegahnya adalah mengatur pola makan, dengan memperbanyak konsumsi asupan nutrisi dan protein.

Dilansir dari Tempo, berikut makanan dan minuman yang menjadi penyebab kulit kering serta tampak lebih tua.

1. Gula

Saat mengonsumsi gula, akan terjadi proses glikasi di tubuh. Gula menempel pada protein untuk membentuk molekul berbahaya yang disebut produk akhir glikasi lanjutan (AGE). Protein yang rentan terhadap kerusakan oleh AGE ini umumnya adalah kolagen dan elastin, yang mengakibatkan munculnya kulit kendur atau keriput. 

Jadi, meski sudah melakukan perawatan mahal, hasilnya tak akan maksimal jika masih konsumsi tinggi gula. Gula ditemukan dalam banyak mengandung karbohidrat, dan juga minuman manis yang jadi jajanan favorit banyak orang.

2. Terlalu Banyak Kopi

Kulit bergantung pada hidrasi agar tetap kenyal dan terlihat muda. Kafein pada kopi bersifat diuretik dan juga cukup asam. Sifat tersebut membuat kafein dapat mempengaruhi hormon dan tingkat stres dalam tubuh, serta kesehatan pencernaan.

3. Alkohol

Seperti kopi, alkohol membuat tubuh dehidrasi dan menyebabkan peradangan di tubuh. Alkohol mengakibatkan kemerahan yang terlihat di kulit. Dehidrasi sangat buruk untuk kulit, jadi jika minum satu atau dua gelas alkohol jangan lupa untuk rehidrasi dengan segelas air.

4. Makanan Gorengan

Makanan yang digoreng atau gorengan sering sarat dengan lemak jenuh teroksidasi yang tidak baik untuk kulit. Beda dengan lemak sehat seperti omega-3, lemak jenuh dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan mempengaruhi sirkulasi darah.

Ini bisa menghambat kemampuan kulit untuk menerima nutrisi yang benar-benar dibutuhkan.

5. Susu

Kandungan hormon dalam susu sapi sangat tinggi karena sapi sering diberi hormon agar mereka tetap memproduksi susu sepanjang tahun. Hormon-hormon yang terminum dari produk susu ini pada akhirnya bisa memicu jerawat, kelebihan estrogen dan peningkatan lendir dalam tubuh. 

Itu bisa menyebabkan masalah seperti peradangan dan proliferasi bakteri berbahaya tertentu. Jadi, untuk mencegah penuaan kulit, ganti susu sapi dengan susu lainnya seperti kacang almond.

(rzlth)

Komentar
  • HOT !
    Setiap tahunnya selalu ada tren baru di dunia kecantikan, dimulai dari skincare dan juga make up yang semakin trendy dan wajib untuk dicoba. Tidak hanya untuk urusan wajah, namun juga perawatan tubuh....
  • HOT !
    Kimchi Jjigae merupakan salah satu hidangan favorit yang disantap sebagai makanan sehari hari oleh warga Korea Selatan. Hidangan berkuah ini juga dinikmati oleh banyak turis internasional, termasuk Indonesia....
  • HOT !
    Setelah dikulik, ternyata banyak peristiwa membanggakan yang terkumpul untuk Tanah Air sepanjang tahun 2021 lho, Dreamers! Terlebih, prestasi yang ditorehkan pun berskala internasional. Apa saja momen momen menyenangkan tersebut yang datang dari atlet kebanggaan kita?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)