home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Seberapa Ampuh Vaksin Moderna Sampai Diklaim Tak Perlu Booster?

Senin, 09 Agustus 2021 12:15 by rizaluthfiah | 551 hits
Seberapa Ampuh Vaksin Moderna Sampai Diklaim Tak Perlu Booster?
Image Source: Reuters

DREAMERS.ID - Vaksin moderna diketahui merupakan vaksin booster di Indonesia untuk para nakes atau tenaga kesehatan. Moderna mengklaim vaksin COVID-19 yang diproduksinya memiliki efektivitas atau efikasi sebesar 93 persen dalam empat hingga enam bulan pasca suntikan dosis kedua. 

Melansir laman Detik, laporan tersebut menunjukkan tingkat kemanjuran vaksin Moderna tidak mengalami banyak perubahan dari efikasi awal saat uji klinis yaitu sebesar 94 persen. Klaim ini menunjukkan vaksin Moderna lebih baik dibandingkan pesaingnya yaitu Pfizer-BioNTech.

Berdasarkan data yang ada, efikasi vaksin Pfizer mengalami penurunan sebesar 6 persen setiap dua bulan, dan menjadi 84 persen dalam enam bulan pasca dosis kedua diberikan.

Baca juga: Viral Curhatan Nakes, Vaksin Moderna Lebih Ampuh Dibandingan Sinovac?

"Kami sangat senang bahwa kemanjuran vaksin COVID-19 kami stabil di 93 persen dalam empat hingga enam bulan," kata Chief Executive Moderna Stephane Bancel. "Durasi yang kuat ini akan menguntungkan ratusan juta orang yang telah disuntikkan vaksin Moderna," lanjutnya.

Moderna mengungkapkan dalam studi yang sedang berlangsung, dari tiga kandidat vaksin booster yang berbeda menginduksi respons antibodi yang kuat terhadap varian yang menjadi perhatian saat in, termasuk varian Beta, Gamma, dan varian Delta.

Antibodi yang dihasilkan dari pemberian dosis kedua vaksin bisa menetralkan varian tersebut. Artinya, dengan efikasi yang bertahan lama ini, mungkin orang-orang tidak harus mendapatkan suntikan dosis ketiga atau vaksin booster untuk meningkatkan antibodi dan mencegah infeksi COVID-19.

(rzlth)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)