home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Studi Klaim Mantan Pasien COVID-19 Bisa Alami Penurunan Kecerdasan

Kamis, 29 Juli 2021 14:30 by rizaluthfiah | 436 hits
Studi Klaim Mantan Pasien COVID-19 Bisa Alami Penurunan Kecerdasan
Image Source : The Conversation

DREAMERS.ID - Selama beberapa bulan terakhir, kasus positif Covid-19 terus melonjak di sejumlah negara. Penyakit yang menyerang penderitanya pada bagian paru-paru ini diklaim dapat menurunkan tingkat kecerdasaan seseorang. 

Sebuah studi baru di Inggris menyebut kecerdasan seseorang bisa menurun setelah terinfeksi Covid-19. Dalam tes kecerdasan yang digelar, rata-rata mereka yang sembuh dari Covid-19 mendapat skor buruk.

Mengutip CNBC Indonesia, hal ini dipaparkan ilmuwan otak dari Imperial College London, yang berbagi hasil studi dengan Great British Intelligence Test. Penelitian tersebut diterbitkan dalam jurnal Lancet EClinical Medicine.

Tes kecerdasan itu dilakukan secara online oleh 81.337 orang antara Januari dan Desember 2020. Sebanyak 13.000 orang di antaranya telah terinfeksi Covid-19.

Setelah memperhitungkan variabel seperti usia, riwayat medis dan pekerjaan, para peneliti menemukan mereka yang tertular virus berkinerja lebih buruk dari yang diharapkan. Disebutkan mereka yang menggunakan ventilator saat terpapar Covid-19 mengalami defisit terbesar penurunan IQ tujuh poin.

Baca juga: Gejala Khusus COVID-19 Subvarian XB.1.16 yang Ditemukan 5 Kasus Di Jakarta

"Defisit paling menonjol untuk paradigma yang memanfaatkan fungsi kognitif seperti penalaran, pemecahan masalah, perencanaan tata ruang dan deteksi target," tulis para peneliti, dikutip Kamis (29/7/2021).

"Hasil ini sesuai dengan laporan (fenomena) long Covid karena 'kabut otak', kesulitan berkonsentrasi dan kesulitan menemukan kata-kata yang benar adalah hal biasa."

Long Covid-19 adalah gejala sakit berkepanjangan yang diderita seseorang setelah dinyatakan negatif Covid-19. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika Serikat (CDC) telah melakukan penelitian lebih lanjut untuk memahami hal ini khususnya dalam jangka panjang, berapa lama pulih hingga gejala yang dirasakan.

Gejala tersebut kelelahan, kesulitan bernafas, batuk, sakit sendi dan dada. Gejala mungkin lainnya kesulitan berpikir kemudian depresi, sakit otot, sakit kepala, demam dan jantung berdebar.

(rzlth)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)