home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Lakukan 7 Kebiasaan Sederhana Ini Untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Jumat, 23 Juli 2021 07:00 by rizaluthfiah | 1511 hits
Lakukan 7 Kebiasaan Sederhana Ini Untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh
Image Source : nationalgeographic

DREAMERS.ID - Pandemi Covid-19 sampai saat ini tidak diketahui kapan berakhir. Imunitas tubuh menjadi salah satu prioritas utama dalam masa pandemi Covid-19 ini. Untuk mencegah turunnya imunitas, ada beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan. 

Tak hanya berjemur di bawah sinar matahari, berolahraga, dan mengonsumsi makanan sehat, menjalani kebiasaan tertentu juga bisa meningkatkan imunitas tubuh untuk mencegah virus yang menyebabkan penyakit.

Dikutip dari CNN Indonesia, berikut sejumlah kebiasaan sederhana yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

1. Jalan Kaki

Sebagaimana dilansir Daily Mail, rahasia hidup sehat dan panjang umur adalah dengan jalan kaki lebih cepat. Sebuah riset menemukan perempuan usia 50-an yang jalan kaki minimal 4,8 kilometer atau 100 langkah per menit memiliki harapan hidup hingga 87 tahun, dibanding yang jalan kaki lambat hanya 72 tahun.

Sedangkan pada laki-laki, harapan hidup hingga 86 tahun dibanding yang jalan kaki lambat hanya 65 tahun. Menurut peneliti, jalan kaki cepat mengindikasikan tubuh lebih sehat, lebih tangguh.

2. Ngemil Sambil Berdiri

Work from home membuat kamu sering mengkonsumsi camilan. Sebenarnya berdiri sambil menyantap camilan ini akan cukup membantu. Hal ini sudah diriset oleh peneliti di Anglia Ruskin University, di mana para peserta penelitian diminta makan brownies sambil berdiri.

Efeknya, mereka merasa makanan jadi kurang enak dibanding saat disantap sembari duduk. Berdiri sambil makan mungkin mengurangi persepsi rasa karena memberikan tekanan fisik lebih banyak pada tubuh, jantung pun memompa lebih cepat dan darah mengalir keluar dari saraf di hidung dan mulut.

Selain itu, pelepasan hormon stres bisa memperlambat koneksi saraf di otak. Tak heran camilan yang sebenarnya menggoda jadi terasa biasa atau bahkan tidak enak. Kebiasaan ini pun bisa mengurangi keinginan untuk ngemil lebih banyak sehingga berat badan terjaga.

3. Kirim Teks ke Sahabat

Meski tidak bisa bertemu secara langsung, teknologi hadir untuk mendekatkan kamu dengan siapapun termasuk sahabat. Menjaga komunikasi dengan orang yang penting buat kamu akan mendatangkan manfaat termasuk menjaga kesehatan emosional.

Saat stres membuat sistem imun menurun, bisa dinetralkan dengan berkirim teks atau sekadar meme buat sahabat. "Itu membuat kita tidak hanya sehat secara mental, tetapi juga lebih aman," ujar Lorna Thorpe, direktur divisi epidemiologi di departemen kesehatan masyarakat NYU Langone Medical Center, mengutip Today.

4. Berjemur

Kecukupan vitamin D begitu penting untuk menunjang sistem imun. Vitamin D bisa diperoleh dari asupan makanan seperti produk susu, jus, sereal, ikan-ikan berlemak termasuk ikan kembung, juga jamur.

"Vitamin D, meski ditambahkan pada susu, penting untuk imunitas, tapi kebanyakan dari kita tidak mendapatkannya cukup dari makanan sehari-hari," kata Patrick Kachur, profesor kesehatan keluarga dan masyarakat di Columbia University Medical Center.

Dia pun menyarankan untuk memaksimalkan kecukupan vitamin D dengan berjemur setidaknya selama 30 menit di halaman atau balkon rumah.

5. Tetap Aktif Bergerak

Tidak hanya olahraga, kamu bisa memperbanyak jalan kaki di lingkungan rumah di sela jam istirahat, peregangan tiap 30-1 jam duduk, menggunakan botol kecil agar terstimulasi bolak-balik dapur untuk mengisi ulang air, dan masih banyak strategi lainnya untuk tetap aktif bergerak.

Sebagaimana dilansir Times of India, riset menemukan orang yang berolahraga atau aktif bergerak cenderung menghasilkan lebih banyak sel T daripada yang tidak. Studi 2019 membuktikan tiap kali olahraga ringan, sistem pertahanan alami tubuh meningkat.

6. Minum Air Yang Cukup

Dua per tiga tubuh terdiri dari cairan sehingga penting untuk memastikan kebutuhan cairan agar fungsi tubuh berjalan normal termasuk respons imun. Menurut Mind Body Green, air juga berfungsi untuk membuang racun dari tubuh, memberikan pasokan oksigen ke sel.

Agar manfaatnya terhadap kekebalan tubuh makin besar, kamu bisa membuat infused water dengan memadukan air dengan lemon, kiwi, jeruk bali, atau buah lain yang mengandung vitamin C.

7. Mandi Air Hangat Sebelum Tidur

Salah satu cara untuk tidur nyenyak adalah dengan mandi air hangat setidaknya satu jam sebelum tidur. Cuaca atau udara panas membuat suhu tubuh tinggi dan sulit untuk tidur.

Air hangat akan bertindak sebagai vasodilator sehingga pembuluh darah yang dekat dengan kulit jadi rileks, sehingga aliran darah mengalir hingga dekat permukaan. Panas tubuh pun secara alami dapat ditarik ke udara sekitar lewat kulit.

Untuk mendapatkan efek terbaik, setelah mandi, keringkan tubuh dan berbaring. Tubuh akan lebih cepat dingin hingga memicu tidur.

(rzlth)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)