home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Berbicara Sendiri Ternyata Punya Banyak Manfaat Positif

Jumat, 16 Juli 2021 15:20 by rizaluthfiah | 591 hits
Berbicara Sendiri Ternyata Punya Banyak Manfaat Positif
Image Source: MBC

DREAMERS.ID - Apakah kalian pernah tiba-tiba berbicara pada diri sendiri entah di dalam hati atau di tengah keramaian? Terkesan aneh namun ternyata berbicara sendiri mempunyai manfaat bagi diri lho.

Menerapkan pola pikir positif di tengah pandemi menjadi sangat penting. Pasalnya, pusat dari tubuh manusia adalah otak. Salah satu cara untuk menerapkan pola pikir positif bisa dilakukan dengan 'self-talk'.

Melansir laman CNN Indonesia, Dokter Stephanus Putra Nurdin, yang berpraktik di RSIA Budhi Jaya menjelaskan bahwa self-talk berulang dapat menstimulasi otak menjadi sugesti, baik itu yang bersifat positif maupun negatif.

Berikut manfaat positif yang bisa didapatkan dari kebiasaan self-talk!

1. Menenangkan Diri dan Mengendalikan Stress

Melakukan self-talk yang positif dapat membantu kamu dalam menenangkan diri dan mengendalikan stres. Dengan latihan berbicara sendiri, maka bisa belajar mengubah pikiran negatif menjadi pikiran positif dan membuat kamu lebih tenang.

Ketika kamu mudah panik, hal harus kamu lakukan yaitu jauhkah dari situsi buruk lalu self-talk agar lebih rileks.

 2. Mengontrol Emosi Negatif Menjadi Positif

Baca juga: 5 Idol Kpop yang Aktif Suarakan Tentang Kesehatan Mental

Dengan self-talk, kamu dapat mengubah pembicaraan diri sendiri yang negatif menjadi positif. Orang yang memiliki kebiasaan self-talk, akan menjadi lebih percaya diri. Dengan demikian, ia mampu mengontrol emosi negatif dalam diri dan mampu melepasnya dari awal.

3. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Secara efektif, self-talk bermanfaat dalam membangun kepercayaan diri dan suasana hati. Itu artinya self-talk sangat berguna untuk kegiatan yang melibatkan kekuatan diri, yaitu waktu reaksi ketika dihadapkan pada membuat pilihan atau kecepatan mengambil keputusan.

4. Meningkatkan Kualitas Hidup

Membiasakan diri dengan melalukan positive self-talk dapat membantu hidupmu menjadi lebih berkualitas dan lebih percaya diri dalam menghargai diri sendiri. Selain itu, bisa membantu kamu menumbuhkan rasa optimis, harapan, serta kedamaian dalam diri kamu dalam situasi apapun.

5. Menjaga Kesehatan Fisik

Tidak hanya untuk kesehatan mental, positive self-talk bisa berdampak baik bagi ksesehatan fisik kamu loh. Kebiasaan ini bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar, selain itu bisa mencegah terkena penyakit kardiovaskular.

(rzlth)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)