home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Konsumsi 7 Makanan Terbaik Ini Untuk Menjaga Kesehatan Mental

Rabu, 14 Juli 2021 15:30 by rizaluthfiah | 6016 hits
Konsumsi 7 Makanan Terbaik Ini Untuk Menjaga Kesehatan Mental
Image Source : teahub

DREAMERS.ID - Otak kita bekerja paling baik ketika mendapat bahan bakar berkualitas tinggi. Dengan itu, makan yang mengandung gizi penuh, vitamin, mineral dan antioksidan akan meningkatkan ketahan tubuh yang bagus, serta berdampak pada kesehatan mental.

Makanan seperti itu menyehatkan otak dan mencegah stres oksidatif, atau kondisi kerusakan sel yang disebabkan saat tubuh menggunakan oksigen. Sebaliknya, makan makanan berkualitas rendah (seperti makanan olahan atau olahan) dapat menyebabkan peradangan dan memberi lebih banyak stres oksidatif pada otak.

“Beberapa penelitian telah menemukan korelasi antara diet tinggi gula rafinasi dan gangguan fungsi otak, dan bahkan memburuknya gejala gangguan mood seperti depresi,” kata Alessia Tan, ahli gizi dan mentor bisnis di USANA Health Sciences melansir laman Asiaone.

Untuk itu, penting mengetahui makanan apa saja yang dapat mendukung kesehatan mental, berikut ulasannya!

1. Minyak Ikan

Minyak ikan adalah "makanan otak" yang terkenal karena mengandung asam lemak omega-3 yang dikandungnya yaitu DHA. Asam lemak ini membantu meningkatkan daya ingat kita dan berkontribusi pada kesehatan otak.

Diet tinggi asam lemak omega-3 dengan demikian meningkatkan suasana hati dan meningkatkan kesehatan mental kita dengan mengurangi tingkat kecemasan. Dapatkan asupan DHA dari minyak ikan seperti salmon dan trout atau suplemen minyak ikan.

2. Berry

Blueberry, stroberi, blackberry, dan raspberry adalah makanan ringan yang kaya akan antioksidan, yang membantu memperbaiki sel dan memerangi peradangan. Dengan mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas (biasanya ditemukan dalam polutan dan asap rokok), Antioksidan juga dapat meringankan gejala yang berhubungan dengan depresi dan kecemasan.

Plus, stroberi dan blueberry juga mengandung senyawa yang disebut polifenol, yang telah terbukti meningkatkan konsentrasi, memori, dan mempertajam perhatian kita.

3. Kenari

Jika kamu ingin ngemil, maka ngemil dengan cerdas. Kenari yang kaya akan antioksidan akan menjaga kesehatan otak kita untuk jangka panjang dengan mengurangi stres oksidatif di otak dan tubuh kita.

Tidak hanya itu, kenari membantu perkembangan neuron baru, yang pada dasarnya berarti menjaga kesehatan mental kita dengan membantu kita menumbuhkan sel-sel otak baru.

4. Gandum Utuh

Baca juga: Apple Kembangkan Fitur Baru untuk Mendeteksi Depresi di iPhone

Berlawanan dengan kepercayaan populer, kamu tidak perlu mengurangi karbohidrat dari diet kamu loh! Mungkin bisa diganti dengan gandum yang kaya akan triptofan, sejenis asam amino yang membantu produksi hormon serotonin yang membuat kamu merasa baik.

Hormon ini membantu meningkatkan mood, menenangkan pikiran, dan menjaga siklus tidur yang teratur.

5. Sayuran Hijau

Sayuran hijau gelap dan berdaun memiliki reputasi yang fantastis dalam hal memberikan manfaat baik bagi tubuh. Dengan semua vitamin, mineral, dan antioksidan yang dikandungnya, sayuran seperti kangkung, bayam, dan brokoli adalah sumber nutrisi.

Plus, mereka bermanfaat bagi kesehatan mental kita. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi sayuran berdaun hijau setiap hari, seperti bayam, mengalami tingkat penurunan kognitif yang lebih lambat dibandingkan dengan mereka yang tidak menyentuh sayuran hijau.

Sayuran hijau juga membantu melindungi otak dengan menangkis demensia, berkat mineral seperti zat besi, kalsium, folat, dan vitamin E dan K.

6. Yogurt

Yoghurt adalah salah satu makanan yang dapat berdampak positif pada otak kita. Studi tentang koneksi otak-usus mengungkapkan bahwa usus kita memiliki dampak langsung pada otak kita, dan sebaliknya.

“Triliunan bakteri baik hidup di usus. Isi usus dengan bakteri sehat yang baik untuk otak. Mereka menangkis bakteri jahat dan menjaga sistem kekebalan tubuh kamu tetap terkendali. Beberapa kuman usus bahkan membantu membuat vitamin B yang menguatkan otak,” kata Alessia.

Makanan dengan bakteri menguntungkan, yang disebut probiotik, membantu menjaga lingkungan usus yang sehat. Mikrobioma yang lebih sehat akan mengurangi peradangan, yang memengaruhi suasana hati dan kognisi. Jadi konsumsilah yoghurt, sup miso, kefir, tempe, dan kimchi secara teratur untuk menjaga kesehatan usus kamu!

7. Kacang Polong

Untuk otak yang sehat dan bahagia, sertakan kacang-kacangan dalam diet atau camilan kamu. Kacang-kacangan dan polong-polongan seperti buncis, kacang merah dan lentil kaya akan antioksidan dan serat, yang membantu menjaga kestabilan gula darah dan membuat kita kenyang lebih lama.

Kacang juga mengandung vitamin esensial yang disebut tiamin, yang dibutuhkan otak untuk memproduksi asetilkolin, neurotransmitter yang mendukung memori.

(rzlth)

Komentar
  • HOT !
    Elon Musk telah membeli Twitter senilai 44 juta dollar AS atau Rp 640 miliar. Bos Tesla ini menyebut pemblokiran Presiden Amerika Serikat, Donald Trump di Twitter merupakan keputusan yang buruk dan bodoh....
  • HOT !
    Selama bulan Ramadhan, umat Muslim diwajibkan untuk menunaikan ibadah puasa. Tentunya ada sedikit perubahan jam makan dan juga konsumsi air putih yang biasanya berdampak pada kelembapkan kulit karena kurangnya cairan dalam tubuh....
  • HOT !
    Yujin IVE dipastikan tampil dalam kampanye global Versace Spring/Summer 2022! Konten promosinya akan didistribusikan di wilayah Asia Pasifik termasuk di Korea, Cina, Jepang, Thailand, Australia, Singapura, Malaysia, dan banyak lagi....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Tanya
Cast : Nevi, Tae Joon, Hyeri

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)