home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Percantik Meja Tamu Lebaran dengan Kue Bunga Khas Korea

Selasa, 11 Mei 2021 06:00 by muthiasp | 535 hits
Percantik Meja Tamu Lebaran dengan Kue Bunga Khas Korea
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Korea Selatan punya salah satu kue populer yang menjadi kudapan khas selama musim semi, yang mungkin bisa menjadi alternatif pilihan kue lain untuk mempercantik lebaran kalian, yakni Hwajeon.

Hwajeon merupakan kue yang terbuat dari adonan tepung ketan dengan rasa yang kenyal. Penampilannya cantik karena dihias dengan berbagai bunga. Azalea adalah bunga paling populer untuk menjadi penghias Hwajeon karena bisa dimakan mentah dan punya rasa manis.

Mengutip Maangchi, berikut cara membuat Hwajeon yang mudah.

Bahan:

½ cangkir tepung beras manis (tepung ketan)

Sedikit garam

¼ cangkir air mendidih panas

3 sendok makan gula pasir

3 sendok makan air

2 sendok teh minyak sayur

Bunga yang bisa dimakan atau kurma

Cara Masak

Membuat sirup:

1. Masukkan gula dan air ke dalam panci saus kecil. Masak dengan api yang sangat kecil dan biarkan mendidih selama 5 menit. Jangan mengaduknya dengan sendok, cukup pastikan itu tercampur rata di dalam panci dengan cara memutar-mutar panci sesekali.

2. Angkat dari api dan dinginkan. Sisihkan.

Membuat kue beras:

1. Campurkan tepung beras manis dan garam dalam mangkuk.

2. Tambahkan ¼ cangkir air panas dan aduk rata dengan sendok kayu hingga adonan cukup dingin sehingga Anda bisa menguleni dengan tangan.

3. Uleni adonan hingga kalis, lalu bagi menjadi 5 bagian yang berukuran sama. Gulung setiap bagian menjadi bola. Tutupi dengan selembar plastik pembungkus agar tidak mengering.

4. Pipihkan setiap bola kue beras dengan diameter sekitar 6 sampai 7 cm.

Goreng Hwajeon:

1. Panaskan wajan anti lengket dengan api sedang. Tambahkan 2 sendok teh minyak sayur, putar wajan untuk melapisi permukaan.

2. Setelah panas, kecilkan api. Kunci dari hwajeon yang indah adalah menjaganya tetap putih dengan menggoreng dengan api kecil.

3. Letakkan kue beras di atas wajan dan masak selama beberapa menit.

4. Saat bagian bawahnya agak renyah, balik dan ratakan dengan spatula. Masak beberapa menit lagi.

5. Letakkan bunga yang bisa dimakan di atas tiap kue beras, lalu balik dan tekan selama 1 atau 2 detik agar bunga sedikit matang dan menempel pada kue.

6. Masak masing-masing dan taruh di piring saji.

Cara Menyajikan:

1. Tuangkan sirup di atas kue beras.

2. Sajikan dengan teh sebagai makanan penutup atau camilan.

 

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Jika ke Korea Selatan tentunya tidak afdol jika penggemar K Pop tidak pergi ke tempat yang berhubungan dengan idol kesayangan, seperti agensi K Pop, restoran yang pernah dikunjungi idol, hingga kafe milik idol....
  • HOT !
    Belum lama ini, BTS merilis video special performance untuk ‘Butter’ di channel Youtube BANGTANTV. Sesuai dengan lagunya, konsep outfit para member masih memakai warna kuning yang mencolok dan colorfull....
  • HOT !
    Drama My Roommate is a Gumiho yang dibintangi Jang Ki Yong, Hyeri, Kim Do Wan dan Kang Ha Na mulai tayang sejak 26 Mei 2020. Drama ini menceritakan tentang gumiho yang sudah hidup selama 999 tahun tinggal bersama mahasiswi kelahiran 1999....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)