home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

5 Makanan Korea Berbahan Kurma yang Wajib Dicoba

Minggu, 25 April 2021 08:00 by muthiasp | 658 hits
5 Makanan Korea Berbahan Kurma yang Wajib Dicoba
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Kurma biasanya disajikan dalam bentuk buahnya utuh atau dicampur dengan susu. Namun di Korea Selatan terdapat beragam makanan khas yang menggunakan kurma sebagai bahannya, dan cocok untuk referensi menu buka puasa atau sahur kamu.

Tidak hanya makanan manis, ada pula hidangan asin atau makanan berat dari Korea yang menggunakan kurma sebagai bahannya. Kurma yang digunakan memang bukan kurma Arab, melainkan kurma Korea yang disebut daechu.

Kue Beras Manis Kurma Kacang

Kue ini biasa disebut yaksik/yakbab atau medicine food di Korea, yang sering disajikan dalam acara tertentu seperti tahun baru Seollal, perayaan panen Chuseok, atau perayaan ulang tahun pernikahan.

Sesuai namanya, bahan utama makanan ini adalah beras ketan, kurma kering, dan kacang. Lalu dicampur bersama saus yang terbuat dari madu / gula merah, soy sauce, minyak wijen, dan bubuk kayu manis.

Cara membuat: masak beras ketan bersama saus, tambahkan kurma kering dan kacang di atasnya, lalu masak selama 35 menit seperti menanak nasi. Jika sudah matang, yaksik bisa dibentuk sesuai keinginan.

Bubur Kacang Merah

Bubur kacang merah atau danpatjuk juga menjadi makanan korea yang cocok untuk buka puasa. Bahan utamanya tentu kacang merah, bisa juga ditambah bola-bola kue beras sebagai isian. Dan kurma kering sebagai hiasannya.

Cara membuatnya: rebus kacang merah yang sudah direndam air terlebih dahulu selama 1-2 jam. Jika sudah empuk, bisa dihancurkan dengan blender. Lalu masak lagi di panci sampai benar-benar halus, sembari merebus bola kue beras. Sajikan dengan topping kurma kering di atasnya.

Baca juga: Restoran Jjamppong No. 1 dari Korea, Ebiga Jjamppong Hadir di Indonesia

Bubur Kurma

Sudah pernah coba bubur kurma? Di Korea Selatan ada hidangan bubur kurma yang biasanya menjadi bahan tambahan untuk membuat kue beras atau teman minum teh. Kamu juga bisa membuatnya di rumah.

Kurma yang sudah dibersihkan dipisahkan bijinya, lalu direbus sampai empuk dan air susut. Setelah itu hancurkan dengan cara disaring. Jika sudah, masak lagi dengan menambahkan susu maupun bumbu lain agar rasanya lebih mantap.

Galbi-jjim

Tim berbuka dengan makanan asin? Galbi-jjim atau semur iga ini bisa jadi pilihan. Ini juga menjadi makanan khas yang biasa disajikan pada saat Seollal, Chuseok, atau perayaan khusus lainnya dan disantap bersama keluarga besar.

Pertama-tama, rebus iga sekitar 5 menit, lalu buang airnya. Masukkan bumbu galbi-jjim, rebus beserta jamur, lobak, wortel selama 1 jam. Kemudian masukkan kurma dan sirup beras atau gula.

Samgyetang

Samgyetang atau sup ayam ginseng khas Korea sangat cocok untuk disantap ketika berpuasa karena menambah tenaga. Selain ginseng, kurma juga masuk ke dalam bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya.

Kurma menjadi bahan yang dimasukkan ke dalam kuah samgyetang. Rebus kurma bersama dengan ayam yang sudah diisi dengan beras, plus daun bawang, bawang putih, dan ginseng. Kurma di sini bisa menjadi pemanis alami yang menyeimbangkan rasa kuat dari ginseng.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)