home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Selain Air Putih, Beragam Cara Ini Juga Bisa Mengatasi Tenggorokan Gatal

Jumat, 22 Januari 2021 17:32 by fzhchyn | 3469 hits
Selain Air Putih, Beragam Cara Ini Juga Bisa Mengatasi Tenggorokan Gatal
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Rasanya hampir setiap orang pernah mengalami masalah tenggorokan gatal. Penyebabnya pun beragam, seperti alergi dan infeksi hingga hal-hal seperti menghabiskan waktu di sekitar asap, setelah berbicara lama, atau hanya mengalami dehidrasi.

Tenggorokan gatal memang sangat mengganggu, rasanya sampai ingin menggaruk. Namun ada kok cara simple yang bisa dilakukan untuk mengurasi tenggorokan yang gatal, berikut beberapa di antaranya selain rajin minum air putih!

1. Teh atau sup panas

Tubuh perlu tetap terhidrasi agar memperlancar proses penyembuhan. Mendapatkan cukup cairan dapat membantu menjaga selaput lendir tetap bersih, mencegah penumpukan yang tidak nyaman di tenggorokan. Suhu hangat juga bisa membantu menenangkan bagian belakang tenggorokan bagi sebagian orang. Menyeruput minuman hangat yang nyaman adalah cara mudah untuk tetap terhidrasi dan berpotensi mengurangi iritasi di tenggorokan pada saat yang bersamaan.

2. Madu

Meskipun teh hangat dengan madu sering digunakan sebagai pereda batuk dan cara untuk meredakan sakit tenggorokan, madu biasa juga bisa efektif. Dua sendok teh madu mungkin sama efektifnya dengan jenis obat batuk tertentu dalam meredakan iritasi tenggorokan dan batuk. Namun, terkadang madu dapat menyebabkan botulisme, yakni sejenis penyakit yang disebabkan oleh keracunan makanan pada anak di bawah usia satu tahun.

3. Humidifier

Jika tenggorokan gatal disebabkan oleh udara kering atau alergi, menggunakan alat pelembab udara atau humidifier dapat membantu. Meningkatkan kelembapan di udara akan membuat tenggorokan tidak terlalu kering saat bernapas. Humidififier juga dapat membantu mencegah lendir mengering dan mengiritasi bagian belakang tenggorokan, menyebabkan gatal atau batuk. Cara lainnya yaitu mandi air panas dengan banyak uap untuk hasil yang serupa.

4. Hindari rokok, kafein, dan alkohol

Jika kamu memiliki kebiasaan mengonsumsi tiga hal tersebut, mungkin sudah waktunya untuk dikurangi atau berhenti. Karena menurut Medical News, kebanyakan orang akan menyadari bahwa mereka dapat mengurangi risiko tenggorokan gatal jika mereka berhenti merokok, minum banyak air, serta menghindari kafein dan alkohol.

5. Permen manis

Permen manis juga dapat membantu meredakan gatal tenggorokan karena bisa meningkatkan produksi air liur, yang menghidrasi daerah yang terkena. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa rasa yang manis dapat membantu menekan batuk, seperti permen HEXOS dengan rasa mint dan lemonnya yang juga melegakan tenggorokan.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)