home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hati-hati, 7 Makanan Ini Bisa Picu Kerontokan Rambut

Selasa, 05 Januari 2021 16:50 by SartikaF | 2216 hits
Hati-hati, 7 Makanan Ini Bisa Picu Kerontokan Rambut
Image Source: Detik.com

DREAMERS.ID - Seperti yang kita tahu bahwa setiap orang pasti ingin memiliki rambut yang indah dan sehat. Untuk mendapatkan rambut tersebut tak hanya dari produk-produk yang mahal, namun bisa juga disebabkan melalui nutrisi makanan.

Seperti halnya kulit, rambut yang sehat pun merupakan indikator tubuh yang juga memerlukan gizi yang baik. Memilih makanan juga dapat memberikan dampak buruk atau baik bagi rambut. Mengutip laman Food NDTV via Detik, berikut ada 7 varian makanan yang bisa kamu hindari agar rambut tidak rontok.

1. Ikan

Tingkat merkuri yang tinggi dapat menyebabkan rambut rontok secara tiba-tiba. Sumber paparan merkuri yang paling umum adalah ikan laut karena konsentrasi metil-merkuri pada ikan telah meningkat selama beberapa dekade terakhir akibat perubahan iklim dan penangkapan ikan yang berlebihan.

Ikan air laut seperti ikan pedang, makarel, hiu dan beberapa varietas tuna kaya akan merkuri. Sebisa mungkin hindari jenis ikan tersebut agar meminimalisir dari kerontokan rambut.

2. Putih Telur Mentah

Telur sangat bagus untuk rambut tetapi tidak boleh dikonsumsi saat masih mentah. Putih telur mentah dapat menyebabkan kekurangan biotin. Biotin merupakan vitamin yang membantu dalam produksi keratin. Avidin yang hadir dalam putih telur mentah yang dikombinasikan dengan biotin dan menghambat penyerapan nutrisinya.

3. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji kaya akan lemak jenuh yang tidak hanya membuat obesitas dan menimbulkan penyakit kardiovaskular, tetapi juga dapat menyebabkan kerontokan rambut rambut. Diet yang kaya akan SFA dan MUFA dapat meningkatkan kadar testosteron yang berpotensi meningkatkan kadar hormon DHT juga.

Baca juga: Cocok Untuk Si Mager, Ini Tips Perawatan Anti Rambut Rontok ala Salon di Rumah Aja

DHT adalah androgen yang terkait dengan alopecia. Makanan berminyak seperti makanan cepat saji juga dapat membuat kulit kepala berminyak dan dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori dan miniaturisasi folikel rambut.

4. Alkohol

Rambut terbuat dari protein bernama keratin yang memberikan struktur pada rambut. Alkohol memiliki dampak negatif pada sintesis protein dan dapat menyebabkan rambut semakin lemah dan tanpa kilau. Konsumsi alkohol secara juga berat dapat menciptakan ketidakseimbangan nutrisi dan dapat menyebabkan kerusakan folikel.

5. Soda Diet

Minuman soda diet mengandung pemanis buatan yang disebut aspartam. Menurut para peneliti, aspartam dapat merusak folikel rambut. Pemanis buatan memang punya dampak yang sangat berbahaya bagi tubuh. Mulai dari merusak folikel hingga memengaruhi hormon.

6. Gula

Gula mempunyai dampak buruk yang cukup besar bagi tubuh. Salah satunya termasuk pengaruh pada rambut hingga kesehatan seluruh tubuh. Penelitian menunjukkan resisten insulin dapat menyebabkan diabetes dan obesitas juga ternyata bisa menyebabkan kebotakan pada pria dan wanita

7. Makanan Tinggi Glikemik

Makanan dengan indeks glikemik tinggi bisa menyebabkan lonjakan insulin. Seperti tepung, roti dan gula adalah makanan dengan indeks glikemik yang tinggi. Makanan ini juga menciptakan ketidakseimbangan hormon. Efeknya dapat memengaruhi androgen yang mengikat folikel rambut dan menyebabkan rambut rontok.

(srtk)

Komentar
  • HOT !
    Baru baru ini Kim Ji Won menjadi pusat perhatian lewat aktingnya dalam drama ‘My Liberation Notes’, terlebih karena visualnya di umur yang ingin meginjak 30 tahun namun tetap tampak muda dan imut....
  • HOT !
    Gucci kembali menunjuk bintang Korea sebagai duta global atau global brand ambassador terbaru yakni IU, yang baru saja tampil memukau di Festival Film Cannes ke 75 dengan gaun koleksinya....
  • HOT !
    Korea Selatan perlahan mulai membuka gerbang dan meringankan peraturan pandemi COVID 19. Terbaru, pemerintah telah membuka wisata ke Pulau Jeju dan Yangyang bebas tanpa visa....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)