home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Rajin Olahraga Tapi Masih Kena COVID-19, Ini Penjelasannya

Senin, 21 Desember 2020 13:30 by RizkiSetiawaan | 375 hits
Rajin Olahraga Tapi Masih Kena COVID-19, Ini Penjelasannya
Image Source:mainsepada.com

DREAMERS.ID - Virus corona tidak memandang siapapun itu, semua orang bisa terinfeksi virus tersebut. Bahkan yang rajin berolahraga sekalipun, mohon lebih diperhatikan lagi protokol kesehatannya, agar tidak bingung ketika tertular jika kalian masih sering olahraga tanpa menggunakan masker.

Belakangan ini beberapa selebriti dan orang lainnya dinyatakan positif padahal rajin olahraga dan hidup sehat. Melansir laman Detik,  Praktisi kesehatan olahraga dari Prodia Health Care dr Rachmad Wishnu Hidayat, SpKO menjelaskan, olahraga memang meningkatkan imunitas tubuh.

Namun perlu diingat, "Gaya hidup itu tidak serta-merta menurunkan resiko penyakit sampe nol persen. Gaya hidup sehat membuat resiko kita terkena penyakit itu resiko rendah. Bukan resiko nol. kalo disebutkan resiko rendah, berarti tetap aja ada resikonya," tegas dr Wishnu.

Baca juga: Varian Virus COVID-19 Mutasi Lokal Asal Indonesia Dipantau WHO, Seberapa Bahaya?

Pendapat yang sama juga disampaikan oleh dr Michael Triangto, SpKO, praktisi kesehatan olahraga dari RS Mitra Keluarga Kemayoran. Menurutnya, olahraga bisa menurunkan resiko infeksi jika dilakukan dengan benar, yakni dengan intensitas tidak terlalu berat. "Jadi kalau dia berolahraga berat, malah terbuka untuk mengalami infeksi," kata dr Michael, mengutip Detik.

Olahraga dengan intesitas yang cukup berat, menurut dr Michael, juga tidak mungkin dilakukan dengan memakai masker. Otomatis, melakukan olahraga terlalu berat akan semakin meningkatkan covid-19, Karena cenderung dijadikan alasan untuk tidak pakai masker meski situasi tidak ‘aman’.

Apalagi, setelah olahraga lalu kumpul-kumpul untuk foto bersama. Seringkali karena merasa bugar dan sehat, lalu lupa untuk pasang masker dan jaga jarak, Foto kumpul-kumpul ala ‘true normal’ seolah tidak ada COVID-19 itu lalu di-posting di media sosial dan diikuti oleh para followers.

(kiki)

Komentar
  • HOT !
    Akhir pekan kemarin tagar #SouthKoreaRacist menjadi trending usai penembak jitu Korea Jin Jong Oh mengeluarkan ucapan yang dinilai rasis kepada Javad Foroughi, pemenang medali emas dari cabang menembak 10 meter....
  • HOT !
    Korea Selatan termasuk destinasi favorit wisatawan dari berbagai negara. Memiliki budaya yang sangat unik, ini menjadi ketertarikan wisatawan asing untuk berkunjung ke Korea Selatan. Salah satunya menggunakan pakaian tradisional khas Korea yaitu Hanbok dan tur Istana nya....
  • HOT !
    Selain kulineran, kamu bisa mencoba wisata wellness untuk sekedar melepas stress atau mereleksasikan diri. Relaksasi tentunya menjadi pilihan tepat untuk mengembalikan tenaga seseorang menjadi lebih tenang....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : madumagastrolforte
Cast : magastrol forte

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)