home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sudah Wajib, Masih Banyak Faskes Belum Sediakan Rapid Test Antigen?

Senin, 21 Desember 2020 12:10 by SartikaF | 404 hits
Sudah Wajib, Masih Banyak Faskes Belum Sediakan Rapid Test Antigen?
Image source: Dreamers.id

DREAMERS.ID - Hasil rapid test antigen dan/atau swab PCR negatif Covid-19 saat ini memang syarat utama yang dibutuhkan bagi wisatawan yang ingin pergi ke luar kota lewat udara maupun darat, 7 hari sebelum keberangkatan. Lantas, apakah semua fasilitas kesehatan sudah menyediakannya?

Dua jenis pemeriksaan tersebut memang terbilang jarang terekspos ke publik, maka sampai sejauh ini pemerintahan biasa tetap menerapkan Rapid Antibodi dan swab PCR. Fakta yang ditemukan masih belum begitu banyak faskes yang menyediakan tes Rapid Antigen.

Melansir laman Okezone, Head of Marketing & Corporate Communication Primaya Hospital Group Hanie Dewita sendiri menjelaskan kalau Primaya Hospital pun baru menyediakan Rapid Antigen di 3 cabang, yaitu Tangerang, Bekasi Barat, dan Karawang.

Masih jarangnya rumah sakit menyediakan Rapid Antigen diduga Hanie karena alasan kurangnya peminat. "Rapid Antigen masih jarang itu bisa banyak kemungkinan, tapi salah satunya karena kondisi peminat yang lebih cenderung memilih Rapid Antibodi untuk screening awal dan PCR untuk kevalidan hasil," ujarnya

Baca juga: Kasus Alat Tes Antigen Bekas Kimia Farma, Netizen Kaitkan dengan Babel Drama Vincenzo

Bicara soal harga, Rapid Antigen sejatinya di bawah harga PCR Test, tapi tetap saja pasarnya belum semasif PCR. "PCR walaupun mahal, tapi karena sudah menjadi tolak ukur yang valid dalam pemeriksaan Covid-19, membuat orang akan tetap memilih tes itu sekalipun harganya lebih mahal," terang Hanie.

Nah, untuk skrining, masyarakat masih mengandalkan Rapid Antibodi. "Selain karena hasilnya cepat, masalah harga jadi pertimbangan masyarakat memilih Rapid Antibodi, terkhusus untuk skrining Covid-19," tambahnya.

Melansir laman Okezone, untuk rapid antigen sendiri cara pengambilan sampelnya dengan mengambil sample pada nasofaring, hal ini hampir sama dengan melakukan PRC Test.

Bedanya, cara pengujian rapid antigen itu untuk mengenali apakah ada atau tidaknya antigen virus Covid-19. Sedangkan PCR Tes melakukannya untuk melacak keberadaan virus SARS-CoV2 di dalam tubuh.

(srtk)

Komentar
  • HOT !
    Korea Selatan memiliki banyak hal menarik, mulai dari wisata alam, budaya, kuliner hingga sejarah. Salah satu yang populer mungkin Namsan Tower, tapi apakah sudah pernah mendengar tentang kawasan Haebangchon?...
  • HOT !
    Hal yang tidak boleh dilupakan saat berlibur ke Korea Selatan adalah mengunjungi kafe kafe yang unik dan Instagramable nya. Setiap sudut kafe menawarkan keindahannya tersendiri termasuk sajian makanan dan minumannya....
  • HOT !
    Pada Rabu (15/9), Apple baru saja meluncurkan jajaran terbaru dari empat model sekaligus iPhone 13 yaitu versi Regular, Mini, Pro dan Pro Max, dalam acara yang digelar secara online....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)