home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Variasi Makanan Tinggi Protein Nabati, Cocok untuk Kamu yang Vegetarian

Selasa, 15 Desember 2020 14:00 by SartikaF | 1202 hits
Variasi Makanan Tinggi Protein Nabati, Cocok untuk Kamu yang Vegetarian
Image source: Dreamers.id

DREAMERS.ID - Entah kenapa beberapa orang saat ini sepertinya sedang berlomba-lomba untuk menjaga kesehatan tubuh dengan cara mengikuti pola makan vegetarian dan vegan. Saat ini produsen makanan pun beramai-ramai untuk memproduksi produk berbasis nabati yang tak kalah enak dan bernutrisi.

Beberapa manfaat kesehatan pola makan plant-based seperti vegan dan vegetarian pun telah diakui secara ilmiah. Menurut penelitian tahun 2016 yang dimuat oleh Academy of Nutrition and Dietetics (AND), pola makan tersebut tetap bisa memenuhi angka kecukupan gizi (AKG) harian untuk orang dewasa, anak-anak, serta ibu hamil dan menyusui.

Untuk mendapatkan asupan protein, vitamin, dan mineral esensial yang cukup bisa menantang. Oleh karena itu, kalkulasi gizi yang baik sudah sangat direkomendasikan untuk memastikan mereka mendapatkan asupan gizi yang cukup.

Melansir laman Idntimes.com, berikut ada tujuh bahan manan nabati yang dapat menyehatkan dengan kandungan protein tinggi yang telah dirangkum dari beberapa sumber.

1. Tempe

Tempe yang sering dijuluki sebagai "daging vegetarian" ini ternyata punya manfaat 15 gram proteinper ½ mangkuk, edamame 8,5 gram protein per ½ mangkuk, dan tahu 10 gram protein per ½ mangkuk. selain itu kedelai juga memiliki kaya akan tinggi kalsium dan zat besi.

2. Miju-miju

Tak kalah dengan produk kedelai, miju-miju atau kacang lentil merah dan hijau juga kaya akan protein. Kacang lentil matang mengandung 8,9 gram protein per ½ mangkuk. Selain protein, kacang lentil juga kaya akan zat besi, potasium, dan serat!

3. Kacang tanah

Bukan rahasia kalau kacang tanah kaya akan protein. Per ½ mangkuk, kacang tanah mengandung 20,5 gram protein lengkap! Diolah jadi selai, kandungan protein bertahan pada 8 gram per sendok makan! Selain itu, kacang juga mengandung lemak yang menyehatkan jantung.

4. Kacang almond

Untuk kacang almond mengandung 16,5 gram protein dengan ½ mangkuk. Selain protein, ternyata kacang almoond juga mengandung vitamin E yang baik bagi mata dan kulit.

5. Spirulina

Diproses dari ganggang laut hijau dan biru, spirulina mengandung 8 gram protein per dua sendok makan! Selain itu, spirulina juga mengandung zat besi, vitamin B - meskipun bukan vitamin B12 - dan mangan. Hadir dalam bentuk bubuk dan suplemen, kamu bisa meminumnya atau menambahkannya dalam hidangan atau camilanmu

6. Quinoa

Kerabat jauh sayur horenso dari Amerika Selatan, quinoa matang juga mengandung banyak protein, 8 gram protein lengkap per mangkuk. Sering ditambahkan ke hidangan atau camilan, quinoa juga kaya akan kandungan magnesium, zat besi, serat, and mangan

7. Mikoprotein

Mikoprotein memiliki hingga 13 gram protein per ½ mangkuk. Berbasis jamur, mycoprotein yang terbuat dari fungi Fusarium venenatum ini sering menjadi daging atau nugget "palsu" untuk para vegetarian dan vegan. Salah satunya adalah daging mycoprotein asal Inggris, Quorn.

8. Kentang

Selain kaya akan potasium dan vitamin C, kentang juga memiliki kandungan protein yang tidak kalah banyak, lho. Direbus, satu porsi protein kentang mencapai 8 gram!

9. Sayuran hijau

Sayur-mayur berdaun hijau gelap juga pantas ditambahkan sebagai sumber proteinmu! Cobalah mencampur brokoli (4 gram protein), kale (2 gram protein), dan bayam (2,9 gram protein) sebagai sup untuk hidangan sayur-mayur berprotein tinggi!

10. Nasi kacang

Dimakan sebagai satu hidangan, nasi campur kacang memiliki kandungan 7 gram protein per mangkuk! Mau dimakan sendiri atau bersama roti, pastinya AKG untuk proteinmu akan terpenuhi segera.

(srtk)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)