home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Variasi Makanan yang Dapat Membantu Wajah Terlihat Lebih Muda

Senin, 14 Desember 2020 10:40 by SartikaF | 433 hits
Variasi Makanan yang Dapat Membantu Wajah Terlihat Lebih Muda
Image source: Dreamers.id

DREAMERS.ID - Penuaan merupakan salah satu bagian dari kehidupan yang tak bisa di hindari. Seiring berjalannya waktu, penampilanpun akan berubah. Namun memilih makanan yang tepat dan dapat membantu mendapatkan penuaan yang lebih baik kita perlu mengetahui terlebih dahulu jenis makannya.

Melansir laman Kompas.com, berikut adalah variasi makanan yang bisa membantu-mu terlihat lebih muda.

1. Minyak zaitun

Mungkin kita pernah tahu atau pernah mendengar bahwa minyak zaitun adalah sumber lemak tersehat didunia. Melansir Health Line, penelitian telah menunjukan extra virgin olive oil ini dapat membantu mencegah banyak penyakit umum yang terkait akan penuaan.

Berdasarkan sebuah penelitian pada hewan dan laboratorium yang diterbitkan dalam Journal of Drugs in Dermatology pada 2014, menunjukkan bahwa minyak zaitun extra virgin memiliki efek antiinflamasi yang kuat pada kulit dan dapat melindunginya dari kerusakan akibat sinar matahari.

Selain itu, hampir 73 persen minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal, yang dikaitkan dengan peningkatan elastisitas dan kekencangan kulit, menurut sebuah studi dalam British Journal of Nutrition pada 2010.

2. Teh hijau

Teh hijau kaya akan antioksidan dapat melindungi kulit dari radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang terbentuk selama metabolisme dan sebagai respons terhadap stres. Antioksidan mengubah strukturnya sehingga tidak dapat menyebabkan kerusakan.

Polifenol juga dapat membantu melindungi kolagen, protein utama di kulit. Ini dapat mengurangi dan bahkan sebagian membalikkan beberapa tanda penuaan. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan jurnal Dermatologic Surgery pada 2005, wanita dengan kulit rusak akibat sinar matahari yang dirawat dengan krim teh hijau dan suplemen selama 8 minggu mengalami peningkatan elastisitas kulit yang sederhana.

3. Ikan berlemak

Ikan berlemak benar-benar merupakan makanan antipenuaan.Studi yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition pada 2001 dan Experimental Dermatology pada 2011, menunjukkan bahwa asam lemak omega 3 juga dapat melindungi dari peradangan dan kerusakan yang terjadi selama paparan sinar matahari.

Salmon, salah satu jenis ikan berlemak yang paling populer, memiliki komponen tambahan yang dapat membuat kulit terlihat lebih muda. Salmon mengandung antioksidan karotenoid yang disebut astaxanthin, yang bertanggung jawab atas warna merah muda salmon.

4. Sayuran

Sayuran sangat padat nutrisi dan sangat rendah kalori. Banyak jenis sayuran mengandung antioksidan yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, katarak, dan kanker.

Banyak sayuran juga tinggi karotenoid seperti beta karoten. Senyawa ini dapat melindungi dari radiasi matahari dan radikal bebas, yang keduanya dapat menyebabkan penuaan kulit .

Beberapa sayuran sumber beta karoten terbaik, yakni Wortel, labu, dan ubi jalar.

Dalam sebuah penelitian dalam jurnal Skin Pharmacology and Physiology pada 2013, ketika orang diberi 180 mg vitamin C setiap hari selama 4 minggu, aktivitas antioksidan kulit mereka dapat meningkat sebesar 37 persen. Sayuran dengan kandungan vitamin C tertinggi, antara lain yakni Sayuran berdaun hijau, paprika. tomat, dan brokoli .

5. Biji rami atau flaks

Biji rami memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Biji rami juga merupakan sumber asam lemak omega-3 yang disebut ALA, yang dapat melindungi kulit dari radiasi matahari dan dapat mengurangi kerusakan kulit terkait sinar matahari.

Dalam studi terkontrol, wanita yang mengonsumsi biji rami atau minyak rami selama 12 minggu menunjukkan peningkatan hidrasi dan kulit lebih halus.

6. Alpukat

Tak hanya lezat, alpukat baik untuk kesehatan karena kaya akan lemak sehat, serat, dan beberapa vitamin serta mineral penting. Selain itu, alpukat mengandung senyawa unik yang disebut alkohol lemak polihidroksilasi. Senyawi ini diketahui dapat melawan peradangan, melindungi kulit dari sinar matahari, dan membantu memperbaiki DNA yang rusak.

Kandungan lemak tak jenuh tunggal yang tinggi serta antioksidan lutein dan zeaxanthin dalam alpukat juga dapat memberikan perlindungan kulit dan DNA tambahan.

7. Tomat

Tomat dapat memberikan banyak manfaat kesehatan yang mengesankan, beberapa di antaranya dikaitkan dengan kandungan likopennya yang tinggi. Studi menunjukkan bahwa likopen juga dapat melindungi kulit dari sinar matahari yang merusak.

Dalam sebuah penelitian dalam International Journal of Cosmetic Science pada 2014, wanita yang makan campuran makanan tinggi likopen dan antioksidan tanaman lainnya mengalami penurunan kedalaman kerutan yang terukur setelah 15 minggu. Sementara itu, memasak tomat dengan lemak sehat, seperti minyak zaitun secara signifikan dapat meningkatkan penyerapan likopen ke dalam tubuh. Melansir Eat This, tomat bekerja ganda untuk meningkatkan kecantikan.

(srtk)

Komentar
  • HOT !
    Jika ke Korea Selatan tentunya tidak afdol jika penggemar K Pop tidak pergi ke tempat yang berhubungan dengan idol kesayangan, seperti agensi K Pop, restoran yang pernah dikunjungi idol, hingga kafe milik idol....
  • HOT !
    Belum lama ini, BTS merilis video special performance untuk ‘Butter’ di channel Youtube BANGTANTV. Sesuai dengan lagunya, konsep outfit para member masih memakai warna kuning yang mencolok dan colorfull....
  • HOT !
    Drama My Roommate is a Gumiho yang dibintangi Jang Ki Yong, Hyeri, Kim Do Wan dan Kang Ha Na mulai tayang sejak 26 Mei 2020. Drama ini menceritakan tentang gumiho yang sudah hidup selama 999 tahun tinggal bersama mahasiswi kelahiran 1999....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)