home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Apple Segera Rilis MacBook dengan Chipset M1, Ini Spesifikasinya

Sabtu, 12 Desember 2020 17:20 by RandyW | 447 hits
Apple Segera Rilis MacBook dengan Chipset M1, Ini Spesifikasinya
Image Source: The Verge

DREAMERS.ID - Kabar gembira bagi kamu pecinta produk Apple. Kabarnya Apple akan merilis MacBook Air, MacBook Pro, dan Mac Mini dengan chipset M1 di Indonesia.

Kabar ini datang dari PT Apple Indonesia yang mengabarkan bahwa MacBook Air, MacBook Pro dan Mac Mini dengan chipset M1, telah dinyatakan lolos uji Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen  SDDPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo)

Mengutip dari detik, kemungkinan MacBook Air, MacBook Pro dan Mac Mini berotak Apple M1 mulai dipasarkan Januari 2021. Sebab Apple sedang disibukkan dengan perilisan iPhone 12 series di Indonesia.

Banyak yang menunggu kedatangan dari produk Apple dengan chipset M1 ini. Banyak yang penasaran dengan spesifikasi dan kehebatan dari perangkat tersebut.

Berikut Spesifikasi Macbook Air, Macbook Pro, dan Mac mini

Macbook Air

Macbook Air dibekali dengan layar 13,3 inch Retina Display dengan resolusi 2.560 x 1.600 pixel. Selain itu layar dari Macbook Air dibekali dengan True Tone Technology dan tingkat kecerahan mencapai 400 nits.

Untuk Chipset pastinya akan menggunakan chipset M1 yang memiliki 8 core CPU, 8 core GPU dan 16 core Neural Engine. 

Apple juga memberikan kapasitas RAM 8 GB yang bisa diperbesar hingga 16 GB, dan dipadu dengan SSD dengan pilihan 256 GB dan 512 GB. Pengguna dimungkinkan untuk menambah ruang penyimpanan hingga 2 TB.

Tak perlu khawatir soal kekuatan daya dari Macbbok Air ini karena Apple memasang baterai 49,9 watt per hour lithium-polymer. Baterai ini diklaim bisa bertahan ingga 15 jam untuk menjelajahi web dengan koneksi wireless atau 18 jam playback film di Apple TV.

MacBook ini punya panjang 30,41 cm dan lebar 21,24 cm. Sisi paling tebalnya mencapai 1,61 cm. Untuk bobotnya hanya 1,29 kilogram. 

Baca juga: Apple Kembangkan Fitur Baru untuk Mendeteksi Depresi di iPhone

Macbook Pro

Macbook Pro tetap menggunakan layar 13,3 inch Retina Display dengan resolusi 2.560 x 1.600 pixel. Namun perbedaannya terletak ditingkat kecerahan 500 nits , wide color (P3) dan True Tone Technology.

Selain itu Apple memasangkan baterai 58,2 watt-hour lithium-polymer yang diklaim bisa bertahan 17 jam saat berselancar dengan WiFi dan 20 jam menonton serial.

Untuk penyimpanan sama dengan Macbook Air seberar 256 GB dan 512 GB, dan bisa diperluas hingga 2 TB. Namun Macbook Pro hanya memiliki port dua Thunderbolt 4 dan jack audio 3,5 mm.

MacBook Pro punya ketebalan hingga 1,56 cm. Sementara panjangnya 30,41 cm dan ketebalan 8,36 cm. Berat laptop ini 1,4 kg saja.

Mac Mini

Mac mini baru pertama yang diluncurkan Apple sejak tahun 2018. Apple mengklaim Mac mini baru 60% lebih hemat daya berkat chip M1. Mac mini bisa dilengkapi dengan RAM hingga 16GB dan SSD hingga 2TB.

Mac mini memiliki CPU yang tiga kali lebih cepat dan grafis yang enam kali lebih cepat. Apple mengatakan Mac mini bisa digunakan dengan dua display eksternal, satu dengan resolusi hingga 6K dan lainnya hingga 4K

Dengan chip M1, Apple mengklaim Mac mini bisa menjalankan beberapa tugas lebih cepat dari pendahulunya. Misalnya memainkan game Shadow of the Tomb Raider dengan frame rate yang empat kali lebih tinggi dan proses render di Final Cut Pro yang enam kali lebih cepat.

Mac mini yang menggunakan Intel juga mendukung RAM hingga 64GB. Mac mini adalah perangkat ketiga Apple yang menggunakan chip M1 setelah Macbook Air dan Macbook Pro. Tapi Apple masih menjual Mac mini dengan chip Intel Core i5 dan i7 generasi kedelapan untuk versi high end.

(rnd)

Komentar
  • HOT !
    Seorang pria berusia 55 tahun di Jawa Tengah diumumkan sebagai suspek pertama cacar monyet di Indonesia. Wabah cacar monyet atau monkeypox telah ditetapkan oleh WHO sebagai keadaan darurat kesehatan global....
  • HOT !
    Penyanyi Raisa Andriana memberikan kabar berbeda kali ini, bersama sahabatnya sejak TK, Titania Fairushka, ia meluncurkan brand make up yang tidak hanya sekedar untuk mempercantik diri bagi para wanita....
  • HOT !
    Tidak kalah dari skincare luar, skincare lokal juga terus melakukan inovasi untuk menghasilkan produk produk terbaik. Elsheskin sebagai salah satu produk skincare lokal yang dikenal sebagai pionir serum wajah, meluncurkan teknologi SkinssentialTM yang memperkuat efikasi dari seluruh produknya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : BubleSya
Cast : Oh Sehun, Song Yoon Ji-OC,xiao luhan

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)