home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kota Mana yang Akan Merasakan Jaringan 5G di Indonesia Lebih Dulu?

Jumat, 11 Desember 2020 20:30 by RandyW | 610 hits
Kota Mana yang Akan Merasakan Jaringan 5G di Indonesia Lebih Dulu?
Image Source: Gizmologi

DREAMERS.ID - Jaringan 5G sampai sekrang belum dapat dipastikan kapan masuk ke Indonesia. Namun pemerintah Indonesia memastikan wilayah pertama yang mendapat teknologi seluler 5G adalah ibu kota negara baru.

Johny G Plate selaku Mentri Komunikasi dan Informatika mengungkapkan bahwa pemerintah sejauh ini telah melakukan uji coba 5G sebanyak 10 kali.  

"Seperti pembelajaran jarak jauh melalui interaksi holografik, operasi jarak jauh, IoT untuk kota pintar, dan kendaraan otonom selama Asian Games 2018. Pada tahun 2020, Indonesia memfokuskan uji coba ke-11 untuk menjajaki kemungkinan koeksistensi antara jaringan 5G dan Fixed Satellite Service (FSS) untuk digunakan di pita 3,5 GHz," ungkap Menkominfo

"Karena frekuensi E-band yang sangat tinggi (70-80 GHz) dan V-band (60 GHz) juga dapat melayani backhaul berkapasitas tinggi untuk layanan broadband," lanjutnya

Baca juga: Koneksi 5G di Indonesia Sudah Siap Tahun 2021?

Akan tetapi penerapan jaringan 5G di Indonesia membutuhkan belanja modal yang besar, khususnya small-cell densification 5G serta ekosistem digital yang canggih.

Menkominfo mengungkapkan kalau ibu kota negara baru Indonesia akan menjadi kota kandidat terbaik dan potensial untuk menerapkan 5G pertama di Indonesia. "Selain dari beberapa kawasan industri dan area publik dengan lalu lintas tinggi yang mungkin juga dimungkinkan," ungkapnya.

Mengutip dari detik, saat ini digitalisasi dan konektivitas sudah memiliki pengaruh besar dalam meningkatkan kesetaraan peluang, akses dan inklusi, dan 5G akan mempercepatnya.

"Pemerintah Indonesia telah menginisiasi beberapa kebijakan dan tindakan afirmatif untuk mendorong percepatan pengenalan 5G di Indonesia," tutur Johny.

(rnd)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)