home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Inilah Alasan Kenapa 5G Belum Masuk di Indonesia

Kamis, 10 Desember 2020 19:10 by RandyW | 734 hits
Inilah Alasan Kenapa 5G Belum Masuk di Indonesia
Image Source: Nusa Daily

DREAMERS.ID - Indonesia bisa dibilang tertinggal dengan negara lain yang sudah mengembangkan jaringan 5G. Menut Ketua Bidang Infrastruktur Broadband Nasional Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) Nonot Harsono mengatakan, masih banyak kebutuhan infrastruktur yang harus dibenahi terlebih dahulu untuk membangun jaringan 5G di Indonesia.

"Kalau mau jaringan 5G yang ideal, belum siap, kalau ngeyel ngotot 'kami sudah bisa memasang 5G dengan frekuensi sendiri' yang memang bisa, tapi ya itu tadi, negara rugi, masyarakat rugi, karena peningkatannya ga banyak, jadi promosi doang," ungkap Harsono dikutip dari CNN Indonesia.

Hasono menjelaskan ada tiga kendala dalam membangun jaringan 5G di Indonesia, di antaranya kendala frekuensi yang terbagi oleh banyak operator, modernisasi base transceiver station(BTS), dan kesiapan koneksi fiber optic untuk menunjang akses 5G.

"Kalau mau 5G, operator ini harus menyatukan spektrum frekuensi, jadi setiap operator itu harus sepakat menyatukan alokasi frekuensinya," tuturnya

Baca juga: Koneksi 5G di Indonesia Sudah Siap Tahun 2021?

Tak hanya itu, Kendal lainnya adalah pembangunan tower yang jaraknya harus berdekatan antara 200-300 meter antara satu tower dan lainnya. Kendala ini mungkin bisa diatasi di area perkotaan, tapi hal serupa bisa dilakukan merata di seluruh Indonesia.

"Kalau 5G, nanti BTS dibangun kecil-kecil, radiusnya sekitar 200-300 meter, bisa enggak ini dibangun di daerah-daerah? nanti jadi black hole, di satu titik bisa [5G], pindah dibawa jalan dia [5G] mati," lanjutnya

Disisi lain perusahaan teknologi asal Swedia, Ericsson optimis implementasi 5G di Indonesia bisa terwujud pada 2021. Sebab, pemerintah bersama operator seluler telah melakukan investasi besar-besaran misalnya fiber optic.

Johnny G. Plate selaku Mentri Komunikasi dan Informatika mengatakan pandemi virus corona (Covid-19) akan berdampak pada perencanaan investasi operator seluler terkait penerapan jaringan 5G dan Internet of Things (IoT) di Indonesia.

(rnd)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)