home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

'Matahari Buatan' China Menyala, 10 Kali Lipat Lebih Panas dari yang Asli

Selasa, 08 Desember 2020 15:30 by RizkiSetiawaan | 570 hits
'Matahari Buatan' China Menyala, 10 Kali Lipat Lebih Panas dari yang Asli
Image Source:Indobalinews.pikiran-rakyat.com

DREAMERS.ID - Negera tirai bambu yaitu China, tidak pernah berhenti untuk berinovasi dengan selalu membuat teknologi yang begitu canggih. Baru-baru ini, ilmuwan asal China berhasil menyalakan reaktor fusi nuklir yang mereka sebut sebagai ‘Matahari Buatan’ untuk pertama kalinya.

Kabar tersebut disampaikan oleh media pemerintah pada Jum’at (4/12/2020) lalu. Melansir Kompas, pengoperasian reaktor fusi nuklir tersebut menandai kemajuan besar dalam kemampuan penelitian tenaga nuklir Tiongkok.

Reaktor bernama HL-2M Tokamak tersebut adalah perangkat penelitian eksperimental fusi nuklir terbesar dan tercanggih di China. Para ilmuwan di China juga berharap perangkat tersebut berpotensi membuka sumber energi bersih yang begitu kuat.

Reaktor tersebut dibuat menggunakan medan magnet yang begitu kuat untuk memadukan plasma panas, dan dapat mencapai suhu lebih dari 150 juta derajat celsius. Hal tersebut berarti, panas yang dihasilkan dari reaktor tersebut kira-kira 10 kali lipat lebih panas dari inti matahri di mana suhunya sekitar 15 juta derajat celsius.


Image Source: Kompas.com

Baca juga: Kenapa Prabowo Sudah Berkunjung Ke Cina-Jepang Padahal Belum Resmi Jadi Presiden?

Karena tenaga dan panas yang dimilikinya sangat besar, reaktor yang terletak di Provinsi Sichuan tersebut sering dijuluki sebagai ‘Matahari Buatan’.

People's Daily melaporkan, "Pengembangan energi fusi nuklir tidak hanya sebagai cara untuk menyelesaikan kebutuhan energi strategis China, tetapi juga memiliki signifikansi besar untuk pengembangan energi dan ekonomi nasional China yang berkelanjutan di masa depan."

Ilmuwan China sendiri telah bekerja mengembangkan versi yang lebih kecil dari reaktor fusi nuklir sejak 2006. Mereka berencana untuk menggunakan perangkat tersebut bekerja sama dengan para ilmuwan yang mengerjakan Reaktor Eksperimental Termonuklir Internasional (ITER).

ITER merupakan proyek penelitian fusi nuklir terbesar di dunia yang berbasis di Perancis, yang diharapkan akan selesai pada 2025. Tetapi untuk mencapai fusi sangatlah sulit dan sangat mahal, ITER sendiri diperkirakan menelan anggaran sebesar 22,5 miliar dollar AS (Rp 318 triliun).

(kiki)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)