home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Penyebab Jantung Suka Berdebar Setelah Minum Kopi

Jumat, 04 Desember 2020 13:30 by SartikaF | 407 hits
Penyebab Jantung Suka Berdebar Setelah Minum Kopi
Image source: Kompas.com

DREAMERS.ID - Hampir semua orang menyukai kopi. Selain enak, kopi dipercaya dapat menghilangkan rasa kantuk serta lelah. Namun, ternyata mengonsumsi kopi terlalu banyak dapat merangsang sistem saraf otak dan dapat mempercepat detak jantung.

Jika kamu minum banyak melebihi takaran kafein dalam satu hari, hal itu bisa mempercepat kinerja jantung sehingga berdebar-debar lebih dari biasanya. Mengutip dari WebMD, kondisi hal tersebut bisa terbilang sinus takikardia yakni kondisi jantung berdetak lebih dari 100 kali permenit.

Tak hanya kopi, penyebab sinus takikardia juga mencakup olahraga berat, demam, rasa cemas berlebihan, hingga stress. Gejala-gejala yang dialami apabila terkena sinus takikardia, seperti pusing, sakit kepala ringan, sesak napas, nyeri dada, dan palpitasi jantung.

Palpitasi jantung adalah kondisi di mana jantung berdenyut kencang dan berdebar dengan tidak teratur. Beberapa hal di bawah ini dapat dilakukan untuk mengatasi kondisi tersebut, melansir detik.

1. Hindari makanan dan minuman tertentu

Ada beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari saat terkena sinus takikardia, seperti kopi, rokok, serta obat flu dan batuk tertentu. Konsultasikan dengan dokter perihal makanan, minuman, dan obat-obatan apa saja yang boleh dikonsumsi.

2. Lakukan teknik relaksasi

Stres dapat memicu palpitasi jantung karena stres bisa merangsang kerja saraf otak. Cobalah duduk bersila dan tarik napas perlahan melalui lubang hidung, keluarkan melalui mulut lalu ulangi sampai kamu merasa tenang.

3. Rajin minum air putih

Dehidrasi dapat menyebabkan jantung berdebar lebih cepat. Darah mengandung air, sehingga dehidrasi membuat darah menjadi lebih kental. Semakin kental darahmu, semakin jantungmu harus bekerja lebih keras. Itu dapat meningkatkan denyut nadi Anda dan berpotensi menyebabkan palpitasi.

Tidak semua orang mengalami sinus takikardia akibat mengonsumsi kopi. Biasanya, hanya orang-orang tertentu yang mengalami hal tersebut seperti mereka yang memiliki riwayat penyakit jantung. Namun, tetap saja kamu harus berhati-hati dan hindari konsumsi kopi berlebihan.

(srtk)

Komentar
  • HOT !
    Prada baru saja menggelar acara fashion show pada Minggu, 17 Januari. Sejumlah selebriti pria Korea ikut meramaikan secara online dengan mengunggah penampilan mereka dengan koleksi terbaru Prada....
  • HOT !
    Apapun yang dipakai idola K Pop bisa habis terjual dalam sekejab. Baru baru ini, sweater yang dikenakan oleh Lisa BLACKPINK dalam postingan Instagram nya diserbu penggemar hingga sold out....
  • HOT !
    Selama masa cuti panjang para member BTS di akhir tahun lalu, Jimin nampak menikmati waktu liburannya di pulau Jeju. Salah satu tempat yang dikunjunginya adalah sebuah taman bernama Snoopy Garden, yang mungkin bisa masuk bucketlist jika berlibur ke Pulau Jeju....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)