home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

5 Kepala Daerah Positif Covid-19 dalam Sepekan, Pencegahan Corona Mulai Kendur?

Kamis, 03 Desember 2020 12:50 by RizkiSetiawaan | 501 hits
5 Kepala Daerah Positif Covid-19 dalam Sepekan, Pencegahan Corona Mulai Kendur?
Image Source:pikiran-rakyat.com

DREAMERS.ID - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dinyatakan positif Covid-19 usai mengikuti tes usap PCR pada hari Minggu, 29 November 2020 lalu. Tak hanya Anies, setidaknya ada lima kepala daerah di tanah air yang dinyatakan positif Covid-19 dalam satu minggu terakhir.

Melihat kejadian tersebut, co-founder Kawal Covid-19, Elina Ciptadi mengatakan, bahw memang para pejabat pemerintah memiliki resiko lebih tinggi tertular virus corona dibandingkan orang yang bekerja di rumah.

“Mereka tidak mungkin di rumah terus. Mereka pasti tetap bertemu orang, tetap rapat, dan banyak acara yang harus dihadiri, itu tidak terhindarkan bagi pejabat pemerintah,” ujar Elina kepada melalui sambungan telepon, Rabu (2/12/2020), mengutip Liputan6.

Orang seperti Anies Baswedan, lanjut Elina, pasti akan bertemu dengan banyak orang dan tidak diketahui siapa di antara yang membawa virus corona. Kecuali dilakukan penelusuran kontak erat, dihubungi satu per satu, dan dites satu per satu. Hanya saja hal ini belum dilakukan.

Elina juga mengatakan, bahwa kapasitas testing Covid-19 Indonesia masih jauh di bawah standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Hal tersebut secara otomatis membuat banyak orang tanpa gejala (OTG) tidak terdeteksi dan tidak diberi tindakan yang tepat.

Baca juga: Kenapa Jakarta Dicap Sebagai Kota dengan Tata Ruang Terburuk?

Dilansir dari Liputan6, semakin banyaknya penularan juga bisa jadi lantaran kendurnya protokol kesehatan. Salah satu contoh kendurnya protokol kesehatan Covid-19 adalah ketika sedang berbicara di depan mikrofon masker diturunkan atau dilepas.

Untuk memecahkan masalah di atas maka, tidak ada cara lain selain melakukan tes yang lebih agresif, penuluran yang lebih agresif, dan karantina yang agresif, ujar Elina. “Sejak awal pandemi Corona cara menanganinya seperti itu,” lanjutnya.

Bagi pemerintah, langkah 3T (tracing, treatment, dan testing) perlu dilakukan. Di sisi lain, masyarakat perlu menerapkan 3M yaitu mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, dan menjaga jarak.

Sedang, bagi pihak institusi seperti perkantoran baiknya semakin ketat melakukan 3K yaitu kurangi kerumunan, kurangi kontak erat, dan kurangi kamar atau ruangan tertutup.

(kiki)

Komentar
  • HOT !
    HYBE mengungkap lebih banyak informasi tentang cerita asli yang dibuat bekerja sama dengan BTS, TXT, dan ENHYPEN! Original Stories ini akan menampilkan berbagai konten seperti web comic dan web novel berdasarkan kekayaan intelektual (IP) cerita unik yang dikembangkan oleh HYBE....
  • HOT !
    Korea Selatan masih menjadi destinasi favorit dari wisatawan dari berbagai dunia, termasuk Indonesia. Bagi kamu yang berencana liburan ke sana dan untuk pertama kalinya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar bisa membaur dengan warga lokal....
  • HOT !
    Meski pandemi masih berlangsung, namun sejumlah tempat wisata terus mengembangkan spot spot menarik untuk wisatawan. Khususnya bagi penyuka tantangan, sepertinya harus mencoba datang ke tempat ini....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)