home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

3 Rahasia Pebalap MotoGP Bisa Langsung Jalan Setelah Kecelakaan

Kamis, 05 November 2020 13:50 by RizkiSetiawaan | 2534 hits
3 Rahasia Pebalap MotoGP Bisa Langsung Jalan Setelah Kecelakaan
Image Source: Roadracingworld.com

DREAMERS.ID - Jika kalian gemar menonton pertandingan MotoGP, mungkin sering melihat para pebalap MotoGP mengalami kecelakan hebat sampai terguling-guling. Tetapi beberapa menit kemudian, mereka sudah bisa berjalan lagi seperti biasa. Ternyata ini rahasianya, Dreamers.

Sebenarnya, para pembalap MotoGP bisa mengalami cedera. Seperti yang dialami oleh March Marquez menjadi sebuah gambaran pembalap MotoGP juga rentan cedera. Di sisi lain pada beberapa kesempatan, ada juga pembalap yang harus segera menerima perawatan usai mengalami kecelakan.

Secara umum, pembalap bisa langsung berjalan setelah kecelakaan, terjatuh dari motor, terseret di aspal, bahkan hingga setelah mereka jungkir balik sekalipun tidak mengalami cedera yang cukup serius. Melansir dari oto.detik.com, ada 3 hal yang menjadi rahasia atas kondisi tersebut.

Ilmu Fisika


Image Source: Youtube.com

Mengutip Redbull via Detik, kecelakaan yang dialami pembalap MotoGP pada dasarnya merupakan tentang upaya menghentikan atau mengurangi akselerasi. Peluang selamat saat kecelakaan MotoGP besar, lantaran jatuhnya mereka dari motor merupakan ‘jatuh yang terkontrol’.

Pebalap MotoGP tidak mengalami kejadian fatal lantaran mereka tidak menghantam benda solid secara langsung. Sebaliknya, pebalap MotoGP yang mengalami crash justru terseret di aspal sejauh beberapa puluh meter.

Baca juga: Pandemi Corona, Sirkuit Mandalika Jadi Cadangan MotoGP 2021?

Saat terseret itulah kecepatan menurun drastis namun secara bertahap. Jarak terseret (yang merupakan pengereman) yang panjang ini yang menyelamatkan pebalap.

Perlengkapan Keselamatan yang Mumpuni


Image Source: Motogp.com

Faktor lain yang punya pengaruh besar dalam keselamatan pembalap MotoGp adalah perlengkapan canggih yang mereka pakai. Baju berteknologi tinggi yang dibuat dari kulit kangguru yang memiliki daya tahan tinggi dan nyaman digunakan.

Serta dilengkapi airbag, sehingga saat sensor mendeteksi adanya kecelakan airbag otomatis akan mengembang dalam hitungan sepersekian detik, hal ini membuat pembalap hanya mengalami sedikit guncangan dan benturan.

Rider MotoGP Terlatih untuk Jatuh


Image Source: Imotobike.my

Pembalap MotoGP memiliki teknik saat jatuh yang harus dipelajari guna menghindari terjadinya cedara serius. Dalam kesehariannya, pembalap MotoGP menjalani latihan untuk memperkuat otot mereka. Sekaligus membantu pembalap menghindari cedara saat mengalami kecelakaan.

(kiki)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)