home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Benarkah Makanan Organik Lebih Sehat dan Aman Dikonsumsi?

Sabtu, 31 Oktober 2020 07:00 by SartikaF | 939 hits
Benarkah Makanan Organik Lebih Sehat dan Aman Dikonsumsi?
Image source: Kompas.com

DREAMERS.ID - Bahan makanan organik sering diklaim lebih menyehatkan dibandingkan bahan makanan yang dikembangkan dengan pertanian dan peternakan non-organik. Benarkan demikian?

Mengutip dari Alodokter, perbedaan utama bahan makanan organik dengan non-organik bisa dilihat dari cara petani dan peternak memproses sayur, buah, biji-bijian, dan daging yang akan dijual untuk dikonsumsi.

Petani dan peternak organik tidak menggunakan bahan-bahan sintetis seperti pestisida dan pupuk pada tanaman, atau suntik antibiotik pada hewan yang mereka pelihara.

Saat ini popularitas bahan makanan organik terus meningkat, seiring dengan kesadaran pola hidup sehat dengan mengbah gaya hidup dan pola makan. Dilansir dari kompas.com, berikut analisa tentang sehat dan amannya bahan makanan organik.

Makanan organik lebih sehat?

Dilansir dari Health.ucdavis.edu, makanan organik lebih sehat dalam hal nutrisi. Artinya masih bisa mendapatkan berbagai manfaat kesehatan yang sama dengan bahan pangan reguler.

David Klurfeld, PhD, selaku ketua Departemen Ilmu Gizi dan pangan di Wayne State University AS mengatakan, "Kami tidak cukup tahu untuk mengatakan bahwa yang satu (makanan organik) lebih baik dari yang lain," sambungnya.

Makanan organik lebih aman?

Meski tidak terbukti lebih baik secara nutrisi, tapi dari cara perawatan tanamannya bisa dibilang bahan organik lebih aman daripada pangan biasa. Hal ini terkait dengan penggunaan pestisida dan pupuk sintetis.

"Jika Anda berbicara tentang pestisida, buktinya cukup meyakinkan (makanan organik lebih aman). Peluang Anda mendapatkan residu pestisida jauh lebih sedikit dalam makanan organik," kata John Reganold, profesor ilmu tanah di Washington State University.

Menurut data Departemen Pertanian AS (USDA), makanan organik memiliki lebih sedikit residu pestisida dibanding produk yang ditanam secara konvensional. Keuntungan dari jumlah residu yang lebih sedikit dalam pangan organik bisa menurunkan risiko terkait gangguan perkembangan saraf dan kanker.

(srtk)

Komentar
  • HOT !
    Mencicipi makanan khas Korea tentunya menjadi hal wajib yang dicoba bagi penggemar budaya Korea, khususnya penggemar drama Korea ataupun Kpopers. Mereka juga kerap mencari rekomendasi menu ala Korea di Internet....
  • HOT !
    Masih banyak yang belum menyadari pentingnya sunscreen sehari hari. Padahal dampak negatif yang ditimbulkan cukup signifikan bagi kulit, diantaranya adalah kusam, noda hitam, dan mempercepat kerutan....
  • HOT !
    Acara variety tvN Amazing Saturday selalu menghadirkan keseruan di setiap episodenya. Tidak hanya dari permainannya, tetapi juga kostum para panelis yang begitu kreatif dan memiliki tema berbeda....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Brenda, Daniel, Rafael.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)