home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sutra vs Katun, Mana Paling Bagus Untuk Bahan Masker?

Jumat, 09 Oktober 2020 18:50 by Rie127 | 730 hits
Sutra vs Katun, Mana Paling Bagus Untuk Bahan Masker?
Image Source: Mukisi

DREAMERS.ID - Selama ini, katun dianggap menjadi bahan kain yang terbaik untuk membuat masker, terutama dalam perlindungan diri dari penularan COVID-19. Namun, penemuan terbaru menemukan, masker berbahan sutra ternyata lebih memberikan perlindungan yang efektif dibandingkan katun.

Studi yang dilakukan oleh para ilmuwan di University of Cincinnati ini membandingkan efektivitas masker yang terbuat dari bahan katun, poliester, dan sutra 100 persen.

“Meski masker medis dan N95 tetap menjadi perlindungan terbaik, tapi masker berbahan sutra memiliki sifat yang membuatnya mampu menolak tetesan,” tulis para peneliti dalam studi yang dipublikasikan di jurnal PLOS One.

Para peneliti mengukur hidrofobisitas kain (yang menentukan seberapa kecil tetesan aerosol masuk dan keluar) serta daya tahan udara dari setiap masker. Mereka juga menguji bagaimana kain bekerja setelah beberapa kali mengalami proses pencucian.

Hasilnya, kain sutra mampu mengusir dan menahan penetrasi tetesan aerosol dengan baik. Mereka menemukan, bahwa kain sutra memiliki tingkat hidrofobisitas paling tinggi dibandingkan dengan katun dan poliester. Setelah dilakukan proses pencucian ulang, sutra juga tetap menjalankan fungsinya dengan baik.

Baca juga: Viral Masker Hidung Kosk dari Korea, Ini Komentar Ahli

“Katun memerangkap kelembapan seperti spons. Tapi, sutra bisa bernapas dan lebih tipis hingga sangat cepat kering,” ujar salah satu peneliti Patrick Guerra, dikutip dari New York Post.

Kain sutra juga dikenal bersifat antimikroba. Dilansir dari situs Endocrine Web, keberadaan tembaga dalam kain sutra diduga menjadi salah satu faktor yang membuat kain dapat memiliki manfaat yang baik. Beberapa penelitian juga menemukan, bahwa tembaga dalam bentuk suplemen dapat menawarkan perlindungan terhadap kerusakan oksidatif.

“Masker sutra adalah hal terbaik berikutnya setelah N95 dan masker bedah. Untuk meningkatkan perlindungan, masker dengan banyak lapisan dapat meningkatkan kemanjuran,” ujar ahli kesehatan masyarakat Waqas Ahmad dikutip dari CNN Indonesia.’

Ahmad menyebutkan, masker sutra tiga lapis dapat sangat efektif untuk menghentikan penyebaran virus dengan membentuk penghalang terhadap tetesan.

Sayangnya, harga bahan sutra cenderung lebih mahal dibandingkan bahan katun. Selain itu, sifatnya yang ringan juga membuat kain mudah tersedot ke mulut saat menarik napas.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Baru baru ini rumah hantu bertemakan ‘Rumah Sandekala’ menjadi salah satu wahana rumah hantu yang menjadi perbincangan dikalangan penggemar horor, khususnya penggemar Jurnal Risa. Wahana ini dibentuk atas kerjasama antara Risa Saraswati dengan Otello Asia, selaku promotor....
  • HOT !
    Las Vegas berubah menjadi Borahaegas melalui proyek ‘The City’ yang digagas HYBE. Kedatangan mereka untuk konser ‘PERMISSION TO DANCE ON STAGE – LAS VEGAS’ selama dua pekan terakhir, diiringi dengan berbagai event menarik di kota tersebut....
  • HOT !
    Sunscreen menjadi salah satu produk skincare yang wajib digunakan saat siang hari meskipun kalian berada didalam atau diluar ruangan. Hal ini dilakukan untuk melindungi dan juga menjaga kesehatan kulit dari sinar matahari....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)