home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Harga Jual Capai Rp 40 Juta, Ini Alasan Kopi Geisha Mahal

Selasa, 06 Oktober 2020 07:15 by RizkiSetiawaan | 401 hits
Harga Jual Capai Rp 40 Juta, Ini Alasan Kopi Geisha Mahal
Image Source: papercups.coffee

DREAMERS.ID - Kalau kalian pencinta kopi, pasti kalian pernah mendengar tentang kopi Gesha atau yang biasa disebut geisha, varietas kopi yang terkenal di dunia karena harganya yang sangat fantastis.

Dari tahun ke tahun, harga varietas kopi asal Panama ini bisa mencapai jutaan rupiah per kilogramnya. Tak jarang, pencinta kopi rela mengeluarkan uang hingga belasan bahkan puluhan juta untuk mendapat kenikmatan dari rasa kopi tersebut.

Tapi apa yang membuat kopi ini mahal? Rupanya, tanaman biji kopi Geisha termasuk varietas yang sulit tumbuh. Tanaman yang berbuah sangat sedikit ini juga butuh pemeliharaan sangat tinggi.


Image Source: tanameracoffee.com

Pasalnya,tanaman biji kopi geisha harus sangat diperhatikan tumbuh kembangnya. Apabila mereka tumbuh terlalu rendah, tanaman rentan terhadap serangan hama dan jamur. Tetapi jika mereka tumbuh terlalu tinggi, daun dan ceri terkena sinar matahari dan cenderung terbakar

Geisha juga membutuhkan komitmen dan effort lebih untuk jumlah waktu dan energi yang lebih lama dari pohon kopi rata-rata berbuah, seperti membutuhkan 8 tahun dibandingkan dengan yang biasanya 4-5 tahun. Dengan proses penanaman yang rumit dan lama, membuat pemasok dari kopi ini sedikit.

Walau mahal tetapi penikmat kopi ini juga cukup banyak, sampai harus diadakan lelang untuk membelinya. Dilansir dari Kompas, terjadi pemecahan rekor harga geisha dalam lelang yang dilakukan Best of Panama (BOP) pada tahun 2019 lalu.

“(Orang) yang menang lelang, orang Jepang, dengan harga 2.000 dollar Amerika atau sekitar Rp 28 juta per kilogramnya,” kata Hendri Kurniawan, CEO ABCD School of Coffee ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (17/9/2019).

Sementara untuk hasil lelang tahun 2020 ini, harga tertinggi kopi geisha washed mencapai 1.300 dollar AS per pon atau sekitar Rp 40 juta per kilogram. Menurut laman auction.bestofpanama.org, harga biji kopi geisha paling rendah Rp 1,3 juta per kilogram, hingga yang tertinggi adalah Rp 40 juta per kilogram.

Maka dari itu, bisa ditemukan beberapa toko kopi menjual segelas kopi geisha seharga Rp 75.000 - Rp100.000 per gelas. Sedangkan biji kopinya saja bisa ratusan ribu hingga jutaan untuk ukuran 100 gram.

(kiki)

Komentar
  • HOT !
    Park Shin Hye sukses memukau penggemar dengan penampilannya yang cantik di acara pernikahan pada 22 Januari lalu. Dari foto pre wedding hingga pernikahan, aktris tersebut total mengenakan lima gaun....
  • HOT !
    Tentunnya penggemar skincare pernah coba tren 10 layers skincare yang populer di Korea Selatan untuk membuat kulit wajah sehat dan glowing. Namun di beberapa tahun belakangan ini tren tersebut sudah jarang, bahkan tidak menjadi tren di tahun 2022....
  • HOT !
    Tas rancangan V BTS yang diberi nama ‘Mute Boston Bag’ telah menjadi hot item di kalangan fans. Segera setelah pemesanan dibuka pada 11 Januari kemarin, tas ini langsung terjual habis dalam hitungan detik....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)