home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Disarankan Tetap Pakai Sunscreen Walau Cuaca Mendung dan Hujan

Jumat, 25 September 2020 15:05 by bonita99 | 742 hits
Disarankan Tetap Pakai Sunscreen Walau Cuaca Mendung dan Hujan
Image source: hellosehat.com

DREAMERS.ID - Penggunaan sunscreen atau tabir surya setiap hari bisa mencegah dan melindungi kulit dari efek paparan sinar UV yang dapat membahayakan, seperti kulit terbakar matahari (sunburn), penuaan, keriput, flek hitam bahkan kanker kulit. Dan tetap disarankan pakai walau cuaca mendung dan hujan.

Melansir CNN Indonesia, paparan sinar UV bukan hanya dari sinar matahari langsung, tetapi juga dari sinar matahari tidak langsung, termasuk dari pantulan benda, pasir, salju dan lainnya. Sebab, 90 persen sinar UV bisa menembus awan dan UVA menembus kaca jendela.

Maka dari itu, setiap hari diharuskan selalu menggunakan sunscreen bukan hanya saat cuaca panas tetapi ketika cuaca mendung, hujan, atau di dalam ruangan sekalipun, karena dampak efek dari sinar UV yang membahayakan kesehatan kulit.

Baca juga: Lagi Populer, Apa Itu Hybrid Sunscreen?

Menurut Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, Arini Astasari Widodo, dampak negatif lain sinar UV di antaranya menimbulkan keriput, hilangnya elastisitas kulit, tekstur kulit kasar, dan pelebaran pembuluh darah (telangiektasia), serta tumor jinak dan tumor ganas (kanker) kulit.

Bukan hanya UVA yang berbahaya, sinar matahari ultra violet B (UVB) juga dapat berdampak buruk pada kulit jika terpapar terlalu lama. Meskipun hanya lima persen UVB yang sampai ke bumi, tapi efeknya sangat berbahaya hingga bisa menyebabkan kulit terbakar.

Maka disarankan untuk mengaplikasikan sunscreen setiap hari dan selalu di pakai ulang setiap tiga hingga empat jam sehari. Pilih sunscreen dengan SPF dan PA yang disesuaikan dengan aktivitas. SPF untuk tingkat perlindungan sinar UVB, sedangkan PA untuk perlindungan sinar UVA.

(bnt)

Komentar
  • HOT !
    Elon Musk telah membeli Twitter senilai 44 juta dollar AS atau Rp 640 miliar. Bos Tesla ini menyebut pemblokiran Presiden Amerika Serikat, Donald Trump di Twitter merupakan keputusan yang buruk dan bodoh....
  • HOT !
    Selama bulan Ramadhan, umat Muslim diwajibkan untuk menunaikan ibadah puasa. Tentunya ada sedikit perubahan jam makan dan juga konsumsi air putih yang biasanya berdampak pada kelembapkan kulit karena kurangnya cairan dalam tubuh....
  • HOT !
    Yujin IVE dipastikan tampil dalam kampanye global Versace Spring/Summer 2022! Konten promosinya akan didistribusikan di wilayah Asia Pasifik termasuk di Korea, Cina, Jepang, Thailand, Australia, Singapura, Malaysia, dan banyak lagi....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Tanya
Cast : Nevi, Tae Joon, Hyeri

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)