home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hindari Mata Lelah Akibat Sering Menatap Layar dengan Cara Mudah Ini

Selasa, 21 April 2020 11:00 by fzhchyn | 2202 hits
Hindari Mata Lelah Akibat Sering Menatap Layar dengan Cara Mudah Ini
Image source: Big Hit Entertainment

DREAMERS.ID - Di masa karantina mandiri seperti saat ini, intensitas menggunakan gadget seperti laptop dan smartphone menjadi lebih sering. Tahukah kamu jika kita menghabiskan waktu paling sedikit 2 jam per hari untuk menatap layar ponsel, maka kita sudah ‘memaksa’ diri untuk membuat mata lelah secara digital.

Kelelahan mata secara digital adalah rasa sakit dan lelah pada mata yang terjadi setelah menatap layar gadget yang memicu pada mata merah, tegang, bahkan sakit bahu dan kepala. Dikutip laman Womens Health Mag, The Vision Council, sebuah grup nonprofit yang mewakili industri optik merilis laporan mengenai mata lelah secara digital ini.

Laporan tersebut menemukan bahwa 93% dari manusia yang sering menatap layar gadget setiap harinya berada dalam risiko tersebut. Hal itu bisa dirasakan saat pandangan menjadi kabur saat mengalihkan pandangan dari layar gadget setelah berjam-jam.

Baca juga: Latihan Fisik Para Artis Korea yang Bisa Kamu Tiru untuk Tetap Bugar

“Saat kita menatap layar, kita hanya sedikit berkedip dibandingkan saat melihat sekeliling ruangan atau membaca buku, dan itu membuat mata menjadi kering dan meningkatkan kelelahan,” kata Cristina Schnider, O.D seorang ahli mata dan direktur senior komunikasi profesional untuk Johnson & Johnson Vision Care, Inc.

Jadi bagaimana untuk membuat penglihatan tetap aman tanpa harus menghindari gadget? Yaitu dengan mengambil istirahat secara teratur. “Setiap 10 atau 20 menit, biasakan untuk mengalihkan pandangan dari layar dan temukan suatu objek yang jauh untuk difokuskan. Hal itu akan membuat pola berkedip kembali normal dan mengembalikan kelembaban mata,” kata Schnider.

The Vision Council menyebutnya aturan 20-20-20, yang artinya setiap 20 menit, alihkan pandangan dari layar selama 20 detik pada sesuatu sejauh 20 kaki.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Seorang pria berusia 55 tahun di Jawa Tengah diumumkan sebagai suspek pertama cacar monyet di Indonesia. Wabah cacar monyet atau monkeypox telah ditetapkan oleh WHO sebagai keadaan darurat kesehatan global....
  • HOT !
    Penyanyi Raisa Andriana memberikan kabar berbeda kali ini, bersama sahabatnya sejak TK, Titania Fairushka, ia meluncurkan brand make up yang tidak hanya sekedar untuk mempercantik diri bagi para wanita....
  • HOT !
    Tidak kalah dari skincare luar, skincare lokal juga terus melakukan inovasi untuk menghasilkan produk produk terbaik. Elsheskin sebagai salah satu produk skincare lokal yang dikenal sebagai pionir serum wajah, meluncurkan teknologi SkinssentialTM yang memperkuat efikasi dari seluruh produknya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : BubleSya
Cast : Oh Sehun, Song Yoon Ji-OC,xiao luhan

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)