home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Beras Merah Lebih Baik Dibandingkan Dengan Beras Putih Hanyalah Mitos, Inilah Penjelasannya

Kamis, 25 Juli 2019 08:00 by Rie127 | 680 hits
Beras Merah Lebih Baik Dibandingkan Dengan Beras Putih Hanyalah Mitos, Inilah Penjelasannya
Image Source: Klik Dokter

DREAMERS.ID - Nasi merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia, terutama nasi putih yang wajib ada di meja makan orang Indonesia. Selain beras putih ada juga berbagai jenis beras lainnya yang bisa diolah menjadi nasi.

Contohnya beras merah yang dikenal lebih sehat dibandingkan dengan beras putih. Beras merah juga sering dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalankan program diet dan penderita diabetes

Melansir dari Stylecraze berikut ini merupakan penjelasan mengenai 2 jenis beras, yaitu beras putih dan beras merah, manakah yang lebih sehat, apakah beras putih ? atau memang benar beras merah yang lebih sehat?


Image Source: Okezone

Beras putih mengandung 90% karbohidrat, 8% protein, dan 2% lemak. Sedangkan beras merah mengandung sebagian besar dedak, yang membuatnya kaya akan nutrisi. Beras merah juga mempunyai kadar karbohidrat yang lebih rendah dan persentase lemak yang lebih tinggi dibandingkan dengan beras putih.

Dilihat dari segi nutrisinya, beras merah memang memiliki banyak nutrisi dibandingkan dengan beras putih. Beras putih tidak memiliki dedak, sedangkan beras merah memiliki dedak.

Hal ini akan menyebabkan beras merah cenderung lebih cepat bau dan membuat rasanya tidak enak. Namun, beras merah mengandung banyak serat dibandingkan dengan beras putih


Image Source: Klik Dokter

Maka dari itu, beras merah cocok di konsumsi oleh orang yang tidak mengkonsumsi makanan lain yang mengandung serat, namun bagi orang yang kebutuhan seratnya sudah tercukupi, hal ini akan menyebabkan masalah pencernaan.

Selain itu beras merah mengandung beberapa zat anti nutrisi yang dapat menghambat penyerapan nutrisi dari sumber makanan lainnya. Untuk menghindari hal ini, biasanya beras merah direndam terlebih dahulu selama 20 menit untuk menghilangkan asam fitat yang merupakan anti-nutrisi utama di dalamnya.

Sedangkan, beras putih sering dikaitkan dengan masalah diabetes karena tingginya jumlah pati di dalamnya. Namun, glukosa yang terdapat dalam pati dan juga karbohidrat didalam beras putih tidak menyebabkan resistensi insulin. Kecuali jika Anda sudah tidak mampu menyerap glukosa, maka kamu tidak bisa makan beras putih.

Jadi, masing-masing beras memiliki manfaat tersendiri bagi setiap kebutuhan individu, baik itu beras merah maupun beras putih.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Elon Musk telah membeli Twitter senilai 44 juta dollar AS atau Rp 640 miliar. Bos Tesla ini menyebut pemblokiran Presiden Amerika Serikat, Donald Trump di Twitter merupakan keputusan yang buruk dan bodoh....
  • HOT !
    Selama bulan Ramadhan, umat Muslim diwajibkan untuk menunaikan ibadah puasa. Tentunya ada sedikit perubahan jam makan dan juga konsumsi air putih yang biasanya berdampak pada kelembapkan kulit karena kurangnya cairan dalam tubuh....
  • HOT !
    Yujin IVE dipastikan tampil dalam kampanye global Versace Spring/Summer 2022! Konten promosinya akan didistribusikan di wilayah Asia Pasifik termasuk di Korea, Cina, Jepang, Thailand, Australia, Singapura, Malaysia, dan banyak lagi....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Tanya
Cast : Nevi, Tae Joon, Hyeri

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)