home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tak Hanya Sate, Cicipi Kuliner Serba Daging Khas Nusantara yang Menggugah Selera Ini

Jumat, 05 Juli 2019 11:00 by fzhchyn | 4272 hits
Tak Hanya Sate, Cicipi Kuliner Serba Daging Khas Nusantara yang Menggugah Selera Ini
Image source: Steemit

DREAMERS.ID - Indonesia punya beragam kuliner olahan daging yang menggugah selera. Sate, sop, dan tongseng adalah hidangan daging paling umum yang sering kita jumpai. Padahal masih banyak jenis olahan daging kambing maupun sapi khas Nusantara yang tak enakknya.

1. Rawon

Masyarakat yang berasal dari Jawa Timur pasti sudah sangat familiar dengan makanan yang bernama Rawon. Untuk menghasilkan kuah yang berwarna hitam, hidangan ini harus menggunakan kluwek. Setelah selesai dimasak, rawon disajikan dengan tauge, sambal terasi, dan telur asin. Sajikan juga sepiring nasi putih untuk menikmati rawon daging sapi ini. Di beberapa rumah makan, rawon juga bisa disajikan dengan tempe goreng dan perkedel kentang.

2. Krengsengan

Krengsengan adalah makanan yang bisa dijumpai di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Pada umumnya, krengsengan ini tidak berkuah dan bisa terbuat dari daging sapi atau daging kambing. Daging dipotong tipis-tipis, lalu ditumis bersama dengan bawang putih, bawang merah, merica, ketumbar, pala, dan kecap manis.

3. Tengkleng sapi

Bagi pecinta kuliner iga sapi, hidangan khas Solo bernama Tengkleng ini patut dicoba. Iga sapi yang sudah direbus sampai empuk dan dimasak dengan bumbu-bumbu tertentu terasa lezat dengan kuah kuningnya.

Baca juga: 5 Jenis Makanan Ini Akan Menjadi Tren di Tahun 2021

4. Sop konro

Kamu pasti tidak bisa menolak kelezatan makanan dari Makassar yang satu ini. Yap, sop konro merupakan makanan yang sangat lezat yang berasal dari suku Bugis di Makassar. Bagian daging sapi yang dipakai untuk memasak sop konro adalah iga. Sementara itu, kuahnya sendiri berwarna kecoklatan. Sop konro disajikan dengan ketupat, tapi masih cocok disantap dengan nasi putih juga.

5. Kurma Aceh

Meski namanya adalah Kurma Aceh, namun makanan ini tidak menggunakan buah kurma sebagai bahannya, melainkan daging kambing. Daging kambing yang dipakai pun adalah daging kambing yang masih ada tulangnya dan dimasak dengan campuran adas, kunyit, jahe, ketumbar, kayu manis, dan rempah-rempah lainnya.

6. Kagape

Hidangan dari Jepara yang satu ini juga tak boleh dilewatkan. Ada yang mengatakan bahwa kagape ini mirip dengan soto atau kari, tapi rasanya berbeda karena hidangan ini menggunakan air asam jawa dan santan kental. Kagape juga termasuk salah satu hidangan yang kaya rempah-rempah sehingga citarasanya begitu sedap.

Bagi kamu pecinta berbagai hidangan daging kambing dan sate, wajib untuk mengunjungi Festival Kuliner ‘SATGAS (Sate, Tongseng, Gulai, Sop)’ di Tribeca Park Central Park yang hanya berlangsung pada 4 hingga 7 Juli 2019. Nikmati kelezatan berbagai hidangan yang bisa memanjakan lidah dan perut ini bersama keluarga, kerabat, dan orang tersayang.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Berbagai macam varian vaksin sudah banyak digunakan di Indonesia. Jenis vaksin Corona yang paling umum digunakan di Indonesia adalah Sinovac, Sinopharm, dan AstraZeneca. Baik Sinovac, Sinopharm maupun AstraZeneca, sama sama menggunakan virus yang telah dimatikan dengan proses kimiawi....
  • HOT !
    Saat ini masyarakat di seluruh dunia sedang dihebohkan dengan pertandingan para atlet di ‘Olimpiade Tokyo 2020’ yang telah berlangsung sejak 23 Juli lalu. Mereka pun turut menyemangati lewat media sosial....
  • HOT !
    Pengaruh BTS dalam mendorong angka penjualan produk sekali lagi dibuktikan dengan kolaborasinya bersama McDonald’s. Dilaporkan bahwa restoran cepat saji yang populer tersebut mengalami peningkatan pendapatan yang mengesankan pada kuartal terbaru....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : kradmisaki
Cast : penitipan anjing di kenjeran

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)