home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Makanan yang Buruk Bagi Pencernaan

Rabu, 08 Februari 2012 13:00 by wahyu | 4448 hits
Makanan yang Buruk Bagi Pencernaan
my.opera.com

Dreamers.co.id – Makanan merupakan salah satu sumber penyakit yang ada didalam tubuh manusia. Sehingga mengkonsumsi makanan yang bergizi menjadi saran dokter untuk menjaga kesehatan tubuh.  Menurut teori, sebenarnya apa yang dimasukan kedalam tubuh bisa dicerna oleh organ pencernaan.

Tetapi perubahan dalam proses penyiapan makanan dengan menggoreng ditambah dengan gaya hidup pasif membuat perut mengalami masalah. Guna menghindari gangguan pada pencernaan, maka kamu dapat membatasi asupan makanan. Berikut empat makanan yang buruk bagi pencernaan.

1. Makanan tinggi lemak dan gorengan

Baik makanan yang tinggi lemak atau digoreng bisa memicu respon negatif pada perut, misalnya saja panas perut (heartburn) atau asam refluks. Makanan tinggi lemak juga bisa menyebabkan warna tinja menjadi pucat atau disebut steatorrhea, yakni berlebihnya lemak di feses.  Orang yang menderita irritable bowel syndrome juga disarankan untuk menghindari makanan tinggi lemak, termasuk krim dan mentega.

2. Makanan pedas

Orang yang sudah menderita panas perut atau irritable bowel syndrome sebaiknya mengurangi makanan yang terlalu pedas.

Baca juga: akmu

3. Produk susu

Makanan berbahan susu merupakan sumber kalsium yang mudah dicerna tubuh. Namun untuk mereka yang menderita intoleransi laktosa bisa menyebabkan sakit setelah menikmati susu. Gejalanya antara lain perut kembung, sering buang air besar, kejang perut, dan diare.

4. Alkohol

Alkohol mungkin membuat tubuh rileks, tapi sayangnya esofagus juga ikutan rileks. Akibatnya adalah heartburn atau perut panas. Hearburn terjadi ketika asam lambung bergolak naik ke esofagus atau kerongkongan.

Kebiasaan minum alkohol juga akan membuat lapisan perut mengalami inflamasi yang bisa mengganggu penyerapan nutrisi dari makanan. Terlalu banyak alkohol juga akan menyebabkan diare dan kram perut. (way)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)