home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Makanan yang Buruk Bagi Pencernaan

Rabu, 08 Februari 2012 13:00 by wahyu | 4427 hits
Makanan yang Buruk Bagi Pencernaan
my.opera.com

Dreamers.co.id – Makanan merupakan salah satu sumber penyakit yang ada didalam tubuh manusia. Sehingga mengkonsumsi makanan yang bergizi menjadi saran dokter untuk menjaga kesehatan tubuh.  Menurut teori, sebenarnya apa yang dimasukan kedalam tubuh bisa dicerna oleh organ pencernaan.

Tetapi perubahan dalam proses penyiapan makanan dengan menggoreng ditambah dengan gaya hidup pasif membuat perut mengalami masalah. Guna menghindari gangguan pada pencernaan, maka kamu dapat membatasi asupan makanan. Berikut empat makanan yang buruk bagi pencernaan.

1. Makanan tinggi lemak dan gorengan

Baik makanan yang tinggi lemak atau digoreng bisa memicu respon negatif pada perut, misalnya saja panas perut (heartburn) atau asam refluks. Makanan tinggi lemak juga bisa menyebabkan warna tinja menjadi pucat atau disebut steatorrhea, yakni berlebihnya lemak di feses.  Orang yang menderita irritable bowel syndrome juga disarankan untuk menghindari makanan tinggi lemak, termasuk krim dan mentega.

2. Makanan pedas

Orang yang sudah menderita panas perut atau irritable bowel syndrome sebaiknya mengurangi makanan yang terlalu pedas.

Baca juga: Taj Mahal Ternyata Punya Kembaran!

3. Produk susu

Makanan berbahan susu merupakan sumber kalsium yang mudah dicerna tubuh. Namun untuk mereka yang menderita intoleransi laktosa bisa menyebabkan sakit setelah menikmati susu. Gejalanya antara lain perut kembung, sering buang air besar, kejang perut, dan diare.

4. Alkohol

Alkohol mungkin membuat tubuh rileks, tapi sayangnya esofagus juga ikutan rileks. Akibatnya adalah heartburn atau perut panas. Hearburn terjadi ketika asam lambung bergolak naik ke esofagus atau kerongkongan.

Kebiasaan minum alkohol juga akan membuat lapisan perut mengalami inflamasi yang bisa mengganggu penyerapan nutrisi dari makanan. Terlalu banyak alkohol juga akan menyebabkan diare dan kram perut. (way)

Komentar
  • HOT !
    Doja Cat berhasil menarik perhatian dengan gaya serba merah saat menghadiri show Schiaparelli di Paris Fashion Week....
  • HOT !
    Ahn Yujin IVE secara resmi ditunjuk sebagai brand ambassador dari FENDI. Merek mewah asal Italia tersebut sebelumnya sudah sering bekerja sama dengan Yujin....
  • HOT !
    UNIVERSE yang menjadi platform komunikasi penggemar dengan idola K Pop akan berhenti beroperasi pada 17 Februari. Seluruh artis dan penggemar yang terdaftar akan dipindahkan ke DearU Bubble....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : istynm
Cast : Nadya Fatira, Justin Bieber

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)