home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Benarkah Hujan yang Sebenarnya Membuat Kita Sering Jatuh Sakit?

Jumat, 25 Januari 2019 15:45 by reinasoebisono | 2341 hits
Benarkah Hujan yang Sebenarnya Membuat Kita Sering Jatuh Sakit?
Image source: Tempo

DREAMERS.ID - Peringatan agar tidak hujan-hujanan karena bisa buat sakit sering kita dengar. Sehingga pemikiran air hujan mendatangkan penyakit. Ada pula pemikiran hujan di awal musim setelah kemarau berkepanjangan dianggap mengandung sejumlah penyakit.

Memang wajar berpikir seperti itu karena memang tak sedikit orang yang jadi sakit setelah terkena hujan. Tapi yang sebenarnya terjadi, bukan serta merta air hujannya yang terdapat penyakit ini-itu, namun daya tahan tubuh kita yang menurun.

Karena pada saat kedinginan, melansir Kompas, tubuh dipaksa mengeluarkan energi secara berlebihan. Jika daya tahan tubuh sedang lemah, tubuh pun tak dapat mengimbangi adanya perubahan suhu tubuh yang terlalu drastis.

Karena itu muncul bermacam penyakit seperti influenza, demam, diare hingga gatal-gatal. Jadi sebenarnya tubuh tidak akan terserang penyakit jika daya tahan tubuh kita dalam kondisi yang cukup baik.

Baca juga: Waspada Peringatan ‘Awan Hitam’ dari BPBD Jakarta Hari Ini!

Dan biasanya, virus flu cenderung lebih berkembang biak secara aktif saat cuaca dingin seperti hujan atau ruangan dingin yang dipenuhi banyak orang. Pasalnya, orang cenderung berdekatan sehingga virus dapat menular dengan cepat.

Ketika kehujanan, suhu tubuh menurun. Apalagi, jika pakaian yang kita kenakan basah terkena air hujan. Hal ini memungkinkan kita terkena hipotermia karena kondisi badan kehilangan terlalu banyak suhu panas.

Hipotermia memberikan tekanan pada tubuh termasuk sistem imun yang menyebabkan peluang terinfeksi virus lebih besar. Tak jarang hujan dapat memperburuk sistem kekebalan tubuh, tetapi bukan penyebab langsung kita sakit.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Waxing saat ini merupakan salah satu prosedur kecantikan untuk menghilangkan bulu di area tertentu, seperti di kaki, tangan, maupun ketiak yang cukup diminati. Banyak orang orang yang juga beralih dari menggunakan alat cukur ke waxing karena pertumbuhan bulu yang lama dan lebih halus....
  • HOT !
    Teknik Slugging diperkirakan masih akan menjadi tren dalam dunia kecantikan di tahun 2022. Sudah kurang lebih 2 tahun belakangan ini, metode mengoleskan petroleum jelly pada wajah selama tidur ini dipercaya dapat memberikan kelembapan pada wajah....
  • HOT !
    Drama SBS Our Beloved Summer sekarang menjadi yang paling menarik perhatian dengan jalan cerita yang menarik. Selain itu, drama romansa ini mengambil lokasi syuting yang menarik dan indah di Korea Selatan....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)