home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jangan Mager! Ini 5 Dampak Mengerikan dari Kebiasaan Duduk Terlalu Lama

Senin, 07 Januari 2019 17:14 by fzhchyn | 1885 hits
Jangan Mager! Ini 5 Dampak Mengerikan dari Kebiasaan Duduk Terlalu Lama
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Sudah menjadi rahasia umum jika gaya hidup sedentary alias kurang gerak karena terlalu lama duduk dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan seperti obesitas dan diabetes. Hal ini dikarenakan tubuh hanya membakar setengah kalori saat duduk dibandingkan dengan ketika berjalan santai.

David A. Alter, MD, PhD, peneliti kardiovaskular dan metabolik di UHN-Toronto Rehabilitation Institute mengatakan, "Kurang bergerak memengaruhi tubuh dalam membakar lemak dan memetabolisme gula serta respon tubuh terhadap insulin."

Selain itu, kadar kolesterol pun bisa melonjak yang ditandai dengan peradangan dan dan meningkatnya troponin, protein yang diproduksi oleh sel otot jantung ketika sakit). Dalam sebuah studi kecil yang dilakukan tahun lalu oleh University of Liverpool menunjukkan individu yang duduk lama mengalami pengurangan sensitivitas insulin dan peningkatan lemak dan trigliserida di lever. Berikut lima dampak mengerikan duduk terlalu lama melanisr Prevention.

1. Depresi dan kecemasan

Semakin banyak waktu yang dihabiskan untuk duduk, maka risiko yang mengintai pun semakin tinggi meskipun kita meluangkan waktu untuk berolahraga, berdasarkan studi yang dimuat dalam Mental Health and Physical Activity. Sebaliknya, semakin sering seseorang beraktivitas dan melakukan gerak tubuh dalam sehari, mereka pun semakin bahagia.

2. Nyeri punggung dan leher

Duduk selama empat jam bisa menekan punggung belakang bagian bawah, ujar Gregory Billy, MD, asosiat profesor bidang ortopedi dan rehabilitas di Penn State University. Postur tubuh yang buruk juga bisa mengarah pada masalah persendian di leher.

Baca juga: Latihan Fisik Para Artis Korea yang Bisa Kamu Tiru untuk Tetap Bugar

3. Kanker

Risiko kanker kolon dan endrometrial meningkat saat seseorang duduk terlalu sering. Salah satu studi yang dimuat dalam Journal of the National Cancer Institute melaporkan bahwa tambahan dua jam durasi duduk dalam sehari meningkatkan risiko hingga 8 persen untuk masalah peradangan, penambahan berat badan, dan lainnya. Sementara durasi yang sama juga meningkatkan risiko kanker kolon dan endometrial hingga 10 persen.

4. Penyumbatan darah

Peredaran darah yang lambat di kaki karena gaya hidup sedentary juga meningkatkan risiko penyumbatan darah. Wanita yang duduk lebih dari 40 jam seminggu memiliki risiko dua kali lebih tinggi mengalami penyumbatan di paru-paru dibandingkan yang hanya duduk kurang dari 10 jam seminggu.

5. Membuat tulang rapuh

Ketika kita duduk terlalu lama, tubuh hanya sedikit mengganti apa yang hilang. Hal itu berujung pada tulang yang rapuh serta risiko osteoporosis yang lebih tinggi seiring bertambahnya usia.

(fzh/Liputan6)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)