home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Google Siap Buang Aplikasi Lawas di Play Store Demi Android P

Selasa, 20 Maret 2018 10:50 by fzhchyn | 1981 hits
Google Siap Buang Aplikasi Lawas di Play Store Demi Android P
Image source: Engadget

DREAMERS.ID - Generasi terbaru sistem operasi (OS) Android telah diumumkan Google beberapa waktu yang lalu dengan hadirnya Android P versi Beta untuk para pengembang. Selain menghadirkan pembaruan, OS teranyar ini juga akan mengorbankan aplikasi-aplikasi jadul.

Menurut laporan mengutip CNN, aplikasi lawas yang ada di Google Play Store tidak akan bisa digunakan lagi begitu pengguna memasang Android P nanti. Sebelumnya, Google memang menyatakan bahwa perusahaan akan menutup aplikasi yang sudah tidak update maksimal setahun sebelum Android terbaru.

Misalnya saat Android P keluar, Play Store hanya akan berisi aplikasi yang kompatibel dengan Android Oreo 8.0 atau yang lebih baru. Namun untuk Android P, minimal API levelnya adalah v17 yang artinya aplikasi paling tua diterima adalah yang bisa berjalan di Android 4.2. Laporan pengembang pada Android Police memperlihatkan bahwa aplikasi yang tak lagi kompatibel akan diblokir untuk terus beroperasi di Android P.

Baca juga: Bocorkan Data Pengguna, Facebook dan Netflix Didenda 82,5 Miliar Oleh Korea Selatan

Tahun ini, Android P juga akan kebagian teknologi baru yang disebut High Efficiency Image Format (HEIF). Hardware dan lisensi paten membatasi penggunaan teknologi ini di ponsel-ponsel lawas. HEIF sendiri adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengecilkan ukuran file foto hingga setengah ukuran format JPEG pada umumnya. Untuk mendapatkan teknologi ini, produsen ponsel harus membayar mahal untuk lisensi dan hardware-nya.

Teknologi tersebut sebelumnya digaungkan Apple di iPhone X dan iOS 11. Google tampaknya tak ingin ketinggalan. Fitur HEIF di iPhone akan sangat berguna bagi pengguna yang memiliki file foto banyak dan harus selalu mensinkronisasikan foto dengan cloud. Dengan ukuran data yang lebih kecil, artinya akan menjadi hemat kuota data. Hingga saat ini belum diketahui, apakah di Android juga akan berlaku hal yang sama.

Di iPhone, Apple memastikan chip mereka bisa menangani HEIF dan memastikan patennnya tak bermasalah. Namun ponsel yang mengadopsi Android berasal dari ratusan pabrikan dengan berbagai model yang belum tentu mampu memberikan hal yang sama dengan iPhone.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Elon Musk telah membeli Twitter senilai 44 juta dollar AS atau Rp 640 miliar. Bos Tesla ini menyebut pemblokiran Presiden Amerika Serikat, Donald Trump di Twitter merupakan keputusan yang buruk dan bodoh....
  • HOT !
    Selama bulan Ramadhan, umat Muslim diwajibkan untuk menunaikan ibadah puasa. Tentunya ada sedikit perubahan jam makan dan juga konsumsi air putih yang biasanya berdampak pada kelembapkan kulit karena kurangnya cairan dalam tubuh....
  • HOT !
    Yujin IVE dipastikan tampil dalam kampanye global Versace Spring/Summer 2022! Konten promosinya akan didistribusikan di wilayah Asia Pasifik termasuk di Korea, Cina, Jepang, Thailand, Australia, Singapura, Malaysia, dan banyak lagi....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Tanya
Cast : Nevi, Tae Joon, Hyeri

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)