home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Penelitian Ungkap Waktu yang Paling Tepat untuk Makan Pagi

Kamis, 07 Desember 2017 06:10 by RanaHanin | 1965 hits
Penelitian Ungkap Waktu yang Paling Tepat untuk Makan Pagi
Image source: EatingWell

DREAMERS.ID - Makan pagi atau sarapan merupakan bagian penting sebelum melakukan aktivitas. Melewatkan sarapan dapat mengganggu jam internal tubuh, walaupun seseorang tidak makan berlebihan pada jam lain, seperti makan siang atau sekadar mengemil, risiko kenaikan berat badan juga dapat terjadi.

Seperti yang diutarakan oleh Peneliti dari Universitas Tel Aviv (TAU) dan Hebrew University di Israel, mereka menemukan efek sarapan terhadap jam internal tubuh yang mengatur glukosa dan insulin setelah seseorang makan.

"Studi kami menunjukkan, sarapan memicu jam internal tubuh, yang mengarah ke kontrol glikemik, angka yang menunjukkan potensi peningkatan gula darah dari karbohidrat yang lebih baik," kata Daniela Jakubowicz dari TAU dilansir dari Hindustan Times.

Baca juga: Waspada! Kebiasaan Makan Ini Bisa Memperpendek Umur

Jam internal tubuh, yang lebih dikenal dengan ritme sirkadian, tidak hanya mengatur perubahan metabolisme glukosa. Ritme sirkadian juga mengatur berat badan, tekanan darah, dan fungsi endotel (sel yang mengatur pembuluh darah).

Untuk penelitian ini, 18 sukarelawan sehat dan 18 sukarelawan obesitas yang menderita diabetes ikut serta dalam penelitian dengan melakukan sarapan dan makan siang, kemudian pada penelitian yang hanya melakukan makan siang. 

Dari hasil uji coba bersama sukarelawan tersebut, sang peneliti menyimpulkan, "Waktu sarapan yang tepat itu sebelum pukul 09.30. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan keseluruhan metabolisme tubuh, peluang penurunan berat badan, dan menunda komplikasi yang terkait dengan diabetes tipe 2," ucap Daniela, dikutip dari Hindustan Times, Rabu (6/12).

(rmh)

Komentar
  • HOT !
    Berdasarkan pengalaman lebih dari 35 tahun memberikan solusi kepada pasien terutama dalam permasalahan penuaan kulit, Estetika dr. Affandi menghadirkan Eksotika Retinol Liposome Anti Aging Overnight Cream (AgeLock) dengan kandungan Retinol dalam bentuk Liposome....
  • HOT !
    Seperti judul lagu hits mereka 'Butter', BTS menunjukkan gaya fashion yang smooth saat berjalan di red carpet Grammy Awards 2022. Mereka tampil menawan dalam balutan setelan jas dari Louis Vuitton....
  • HOT !
    Beberapa tahun yang lalu, tren lip plumping gloss atau bibir tebal menjadi tren, hal ini diawali oleh Kylie Jenner yang memiliki bibir tebal dan sexy. Bahkan banyak orang orang yang melakukan filler untuk mendapatkan hasil yang maksimal....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Tanya
Cast : Nevi, Tae Joon, Hyeri

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)