home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tak Ada dalam Dunia Medis, Apa Itu 'Collapse by Design' Penyebab Oka Mahendra Meninggal?

Jumat, 21 Juli 2017 13:00 by fzhchyn | 7876 hits
Tak Ada dalam Dunia Medis, Apa Itu 'Collapse by Design' Penyebab Oka Mahendra Meninggal?
Image source: Kumparan

DREAMERS.ID - Kabar meninggalkanya Oka Mahendra Putra yang merupakan mantan kekasih selebgram Awkarin sempat membuat media sosial heboh. Penyebab kematiannya yang diduga karena bunuh diri langsung dibantah oleh sang ayah.

Pada Rabu (19/7) lalu, saat ditemui usai pemakaman di komplek pemakaman San Diego Hills, Karawang, Jawa Barat, ayah Oka mengatakan jika putranya meninggal karena collapse by design. "Oh, no no no! (tidak bunuh diri)," ujarnya, mengutip Tribun News. "Dia collapse by design, karena teman-temannya," tambahnya.

Terkait istilah 'collapse by design', seorang psikolog klinis dewasa Anna Margaretha Dauhan dari Pusat Informasi dan Rumah Konsultasi TigaGenerasi Jakarta, mengatakan di dunia dunia psikologis ataupun medis tidak ada istilah tersebut.

Meski begitu, dia mencoba menganalisa makna dari pernyataan ayah Oka. "Mungkin maksudnya karena tidak makan berhari-hari, akhirnya kondisi fisik Oka Mahendra menurun akhirnya meninggal," ujar Anna, mengutip Tabloid Bintang.

Baca juga: 10 Tanda yang Kerap Dialami Seseorang Jelang Kematian

Mengenai informasi kalau Oka tidak makan selama sekitar lebih dua bulan, Anna menduga kemungkinan pemicunya adalah depresi. "Jadi bukan secara intensional mogok makan. Melainkan nafsu makan hilang kalau mengalami depresi," kata Anna.

Dia menjelaskan gejala depresi diantaranya terlihat murung, sedih, mengalami gangguan nafsu makan entah tambah nafsu makan atau sama sekali hilang keinginan untuk makan, gangguan tidur, merasa diri tidak berharga, sampai merasa hidup ini tidak berarti.

"Jika mendengar dari berita bahwa Oka beberapa waktu terakhir terlihat murung dan kehilangan nafsu makan, bisa saja karena ada gejala depresi," kata Anna. "Namun apakah ini termasuk bunuh diri atau bukan, tidak dapat disimpulkan dari sini karena penyebabnya belum jelas. Kalau memang ada penyebab sakit fisik, tentu bukan bunuh diri."

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Pada Rabu (17/11), melalui akun Instagram pribadi, Taeyong NCT membagikan fotonya yang terlihat sedang menikmati waktu senggang di sebuah taman yang dipenuhi oleh rumput yang tinggi. Pastinya banyak penggemar yang kepo, kemana sih Taeyong menghabiskan waktu senggangnya?...
  • HOT !
    Bagi pecinta Korea, wajib menonton serunya konten yang akan dihadirkan di channel Youtube, The Sunbae Club. Melalui channel ini, ada empat series berbeda dimana para content creator mengeksplorasi persamaan dan perbedaan budaya Korea dengan Indonesia....
  • HOT !
    Fashion selalu menjadi bagian penting dari K pop. Memang banyak idol yang memiliki ciri khas gaya mereka sendiri. Tetapi tren fashion yang terus berubah selalu menginspirasi penampilan segar idol setiap tahunnya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)