home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tips Agar Tubuh Cepat Beradaptasi di Awal Puasa Ramadhan

Sabtu, 27 Mei 2017 14:00 by Dits | 2024 hits
Tips Agar Tubuh Cepat Beradaptasi di Awal Puasa Ramadhan
image source: purevibe.ca

DREAMERS.ID - Ketika menjalankan ibadah puasa tentunya sistem dalam tubuh tentu akan mengalami perubahan. Sebab selama lebih dari 13 jam tubuh tidak mendapat asupan makanan dan minuman. Agar tubuh tidak mudah beradaptasi saat menjalankan puasa di hari-hari pertama, berikut adalah beberapa tips yang bisa diterapkan mengutip laman Obrolan Islami.

1. Puasa sunnah
Menjalankan puasa sunnah sebelum resmi memasuki bulan Ramadhan bisa dianggap sebagai masa adaptasi agar tubuh tidak begitu kaget atau lemas saat awal puasa. Hal ini juga akan membuat tubuh terbiasa dengan pola makan baru.

2. Pola konsumsi obat
Bagi penderita diabetes atau penyakit lainnya yang terbiasa mengkonsumsi obat, mulailah untuk terbiasa mengkonsumsi obat dua kali sehari. Sehingga saat bulan Ramadhan, hanya pergeseran waktu minum obatnya saja yang berubah yaitu saat buka dan sahur.

Baca juga: Nikita Willy Ungkap Ada yang Spesial di Lebaran Tahun Ini

3. Beraktivitas seperti biasa
Datangnya bulan puasa bukan berarti mengurangi aktifitas, karena takut merasa capek dan lelah karena cuaca panas dan sedang puasa. Justru yang harus dilakukan adalah mendengarkan sinyal tubuh dan percayakan bahwa tubuh mampu menghadapi apapun. Jadi, puasa bukan menjadi alasan untuk menjadi malas beraktivitas.

4. Menjaga kualitas makanan
Tidak perlu mengurangi porsi makanan sebelum datang bulan puasa. Namun yang perlu dilakukan adalah menjaga kualitas makanan agar nutrisi, vitamin, dan serat di dalam tubuh tetap terpenuhi.

5. Minum banyak air
Untuk menghindari dehidrasi saat berpuasa, maka saat sahur usahakan minum air mineral sebanyak delapan gelas. Kemudian hindari minuman manis dan bersoda, serta makanan-makanan manis saat sahur.

(dits)

Komentar
  • HOT !
    Pada saat pandemi seperti ini, mengonsumsi beberapa vitamin dianjurkan agar memperkuat imunitas tubuh, salah satunya yaitu Vitamin D. Namun terlalu banyak asupan Vitamin D juga bisa menimbulkan efek samping yang negatif bagi tubuh kita....
  • HOT !
    Jika kamu perhatikan saat nonton drama korea, makanan ini sering muncul. Jeon merupakan pancakenya Korea yang memiliki variasi yang berbeda beda, atau mirip dengan bakwan versi Indonesia....
  • HOT !
    Tidak hanya gedung pencakar langit tertinggi di dunia yang dimiliki Dubai, kini Dubai sudah meresemikan sesuatu yang sangkat spektakuler yaitu, kolam selam terdalam di dunia....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : kradmisaki
Cast : penitipan anjing di kenjeran

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)