home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tips Memilih Menu Sahur Agar Tak Lemas Saat Berpuasa!

Sabtu, 27 Mei 2017 02:00 by dodo07 | 5229 hits
Tips Memilih Menu Sahur Agar Tak Lemas Saat Berpuasa!
Image source: tribbunnews

DREAMERS.ID - Sebelum menjalani ibadah puasa seharian, kita memang dianjurkan untuk makan sahur terlebih dahulu agar punya cadangan sumber energi untuk beraktifitas. Namun, meski terkesan sepele dan kerap diabaikan, ternyata kita juga perlu memilah makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi agar tidak lemas saat berpuasa.

Seorang dokter spesialis gizi klinik dari Siloam Hospital, dr Samuel Oetoro sempat membagikan tips, makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi sebagai menu sahur. Menurutnya, bagi orang yang berpuasa yang paling penting adalah tidak lemas dan merasa lapar di siang hari.

Menurut Samuel, lemas dan lapar di siang hari terjadi karena kadar gula darah di dalam tubuh mulai menurun setelah dipakai untuk beraktivitas. Untuk menyiasatinya, pilihlah menu sahur yang tepat agar gula darah tetap stabil seharian. Menu sahur sehat yang dimaksud adalah yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, lemak, sayur dan buah.

Baca juga: Nikita Willy Ungkap Ada yang Spesial di Lebaran Tahun Ini

“Karbohidrat kompleks mengandung tinggi serat supaya penyerapannya pelan-pelan, gula darah naiknya pelan-pelan, dan akan dimasukkan ke sel oleh insulin secara perlahan. Karena itu, menjelang buka puasa gula darahnya masih tinggi sehingga tidak merasa lemas di siang hari,” kata dr Samuel, dikutip dari CNN.

Nasi merah, nasi hitam, dan kentang yang direbus dengan kulitnya adalah beberapa contoh dari karbohidrat kompleks. Sedangkan untuk protein bisa diperoleh dari ikan, daging ayam, dan putih telur. Jangan lupa mengonsumsi sayur dan buah yang juga mengandung serat tinggi. Serta minum air putih tiga sampai empat gelas.

Samuel juga mengajurkan, jika menjelang imsak, sebaiknya konsumsi lagi karbohidrat yang berasal dari buah, bisa juga buah diblender dengan kulitnya supaya penyerapannya perlahan, dan tanpa gula. Selain itu, putih telur rebus juga bisa dikonsumsi kembali menjelang masuk waktu imsak.

(nnd)

Komentar
  • HOT !
    Berdasarkan pengalaman lebih dari 35 tahun memberikan solusi kepada pasien terutama dalam permasalahan penuaan kulit, Estetika dr. Affandi menghadirkan Eksotika Retinol Liposome Anti Aging Overnight Cream (AgeLock) dengan kandungan Retinol dalam bentuk Liposome....
  • HOT !
    Seperti judul lagu hits mereka 'Butter', BTS menunjukkan gaya fashion yang smooth saat berjalan di red carpet Grammy Awards 2022. Mereka tampil menawan dalam balutan setelan jas dari Louis Vuitton....
  • HOT !
    Beberapa tahun yang lalu, tren lip plumping gloss atau bibir tebal menjadi tren, hal ini diawali oleh Kylie Jenner yang memiliki bibir tebal dan sexy. Bahkan banyak orang orang yang melakukan filler untuk mendapatkan hasil yang maksimal....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Tanya
Cast : Nevi, Tae Joon, Hyeri

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)