home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hati-hati, Muncul 'Penyakit Baru' Akibat Terlalu Lama Pakai Gadget

Selasa, 11 April 2017 11:00 by fzhchyn | 8113 hits
Hati-hati, Muncul 'Penyakit Baru' Akibat Terlalu Lama Pakai Gadget
Image source: Flickr

DREAMERS.ID - Penggunaan gadget sudah tidak bisa dihindari lagi dari aktivitas di kehidupan sehari-hari. Hampir setiap orang pasti memiliki gadget seperti smartphone, tablet, atau laptop yang digunakan setiap hari untuk berkomunikasi atau bekerja.

Namun di samping segala manfaat dan kemudahan yang diberikan oleh perangkat-perangkat ini, gadget tetap memiliki efek samping yang buruk bagi kesehatan tubuh, terlebih jika dipakai dalam waktu yang lama dan dengan cara yang kurang tepat.

Seperti dilansir dari laman CNN, berikut adalah beberapa 'penyakit baru' yang timbul akibat salah penggunaan gadget, khususnya cedera yang terjadi di bagian tangan.

1. Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Carpal Tunnel Syndrome adalah penyakit yang disebabkan gerakan berulang naik turun, atau getaran terus menerus di pergelangan tangan yang menyebabkan pembengkakan tendon dan menekan saraf. Biasanya ini terjadi pada orang yang sering menggunakan mouse, sering mengetik di komputer, serta mengendarai motor.

CTS ini mempunyai gejala nyeri pada pergelangan tangan. Kemudian kesemutan pada ibu jari, jari telunjuk, dan jari tengah. Bila gejala semakin parah, maka akan terasa kebas dan kemudian merambat ke sistem motorik yang mengakibatkan kesulitan dalam menggenggam.

Baca juga: Latihan Fisik Para Artis Korea yang Bisa Kamu Tiru untuk Tetap Bugar

2. Thumb Arthritis

Thumb Arthritis atau masalah arthiris pada ibu jari ini bisa terjadi karena terlalu sering menggunakan jari jempol untuk berkirim pesan singkat atau chatting sehingga menyebabkan tendon di ibu jari menyempit.

Sensasi yang muncul dari kondisi ini adalah sakit ketika menekan dan saat meluruskan ibu jari. Kadang, ibu jari menjadi seolah terkunci dalam posisi meringkuk.

3. Cubital Tunnel Syndrome

Tak hanya bagian jari-jari saja yang bisa mengalami cedera akibat penggunaan gadget, bagian siku juga bisa mengalami masalah yang disebut Cubital Tunnel Syndrome (CTS). Ini adalah penyakit berupa mati rasa dan kesemutan di bagian dalam siku atau di lengan bawah. Masalah ini dikarenakan posisi siku sebagai tumpuan ketika mengetik di atas meja atau terlalu lama tertekuk.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Berdasarkan pengalaman lebih dari 35 tahun memberikan solusi kepada pasien terutama dalam permasalahan penuaan kulit, Estetika dr. Affandi menghadirkan Eksotika Retinol Liposome Anti Aging Overnight Cream (AgeLock) dengan kandungan Retinol dalam bentuk Liposome....
  • HOT !
    Seperti judul lagu hits mereka 'Butter', BTS menunjukkan gaya fashion yang smooth saat berjalan di red carpet Grammy Awards 2022. Mereka tampil menawan dalam balutan setelan jas dari Louis Vuitton....
  • HOT !
    Beberapa tahun yang lalu, tren lip plumping gloss atau bibir tebal menjadi tren, hal ini diawali oleh Kylie Jenner yang memiliki bibir tebal dan sexy. Bahkan banyak orang orang yang melakukan filler untuk mendapatkan hasil yang maksimal....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Tanya
Cast : Nevi, Tae Joon, Hyeri

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)