home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Soju, Minuman Beralkohol dari Korea yang Mendunia

Rabu, 16 Januari 2013 14:00 by miko | 24558 hits
Soju, Minuman Beralkohol dari Korea yang Mendunia
taekwondo-information.org

Minuman Soju yang diiklan oleh Hyorin, HyunA, dan Hara membuat produk minuman ini mendunia. Minuman beralkohol asal Korea Selatan, yang terbuat dari beras dan mengandung alkohol 20-40% kini menjadi minuman beralkohol paling laris didunia.

Dilansir dari KoreanFood, Soju merupakan minuman beralkohol distilasi terbuat dari beras. Rasanya clean dan netral, sehingga cocok ditenggak dengan makanan atau camilan Korea. Mirip dengan rasa vodka yang juga berwarna bening, namun lebih manis dan tak terlalu tajam.

Tetapi kini Soju tak hanya terbuat dari beras. Pasalnya pada tahun 1960-an terjadi kekurangan stok beras di Korea. Ketika itu pemerintah Korsel mengambil tindakan dengan melarang penggunaan beras untuk soju. Kemudian produsen pun mencari akan dengan menggunakan ubi, gandum, barlet, dan tapioca sebagai pengganti beras.

Sementara itu soju yang beredar saat ini merupakan kombinasi beras dan bahan-bahan tersebut. bahkan soju dengan aneka rasa seperti apel, lemon, dan peach juga tersedia. Di Korea minuman ini biasanya digunakan untuk campuran minuman atau punch.

Baca juga: 5 Macam Soju dengan Rasa Unik, Yogurt sampai Mint Chocolate!

Soju kini menjadi minuman beralkohol paling populer di Korea, tetapi generasi tua lebih suka soju yang bercitarasa lebih kuat, sedangkan anak muda lebih menggemari rasa yang lebih lembut dengan kandungan alkohol yang lebih rendah.

Soju dibanderol dengan harga 1.000-3.000 won atau sekitar Rp 9.000-27.000 untuk botol berukuran 375 ml. Biasanya minuman ini dikemas dalam botol berleher panjang dan berwarna hijau, paling populer dengan merek Chamisul atau Chum-Churum. Di Indonesia, kita dapat menemukannya di restoran-restoran Korea atau supermarket kelas atas.

Namun, adapula soju yang dibuat dengan teknik tradisional. Soju yang berasal dari kota Andong ini memiliki label khusus dan dijual dengan harga 20 kali lebih mahal daripada soju biasa. Menurut katalog The Millionaires' Club tahun 2011, soju buatan Jinro, produsen soju terbesar, menempati peringkat satu merek minuman beralkohol dengan penjualan terbaik di dunia.

Diselingi oleh vodka Smirnoff di urutan kedua, soju buatan Lotte menduduki urutan ketiga di daftar yang sama. Dengan demikian, minuman khas Korea ini berhasil mengalahkan merek-merek ternama dunia seperti rum Bacardi (nomor 5), whiskey asal Skotlandia Johnnie Walker (nomor 8), vodka Absolut (nomo 16), dan whiskey dari Amerika Serikat, Jack Daniel's (nomor 19).

Komentar
  • HOT !
    Beragam tempat makan yang Instagram able satu per satu bermunculan untuk menarik para pecinta kuliner sekaligus kamu yang hobi berfoto. Salah satunya kafe yang menyuguhkan menu utama donat, Malddong Donut Dessert Town....
  • HOT !
    Tas rancangan V BTS yang diberi nama ‘Mute Boston Bag’ telah menjadi hot item di kalangan fans. Segera setelah pemesanan dibuka pada 11 Januari kemarin, tas ini langsung terjual habis dalam hitungan detik....
  • HOT !
    Kesamaan dalam hal berpakaian sudah lazim terjadi di antara selebriti Korea. Seperti aktor Jang Dong Yoon dan Jaehyun NCT tampil menawan dengan gaya busana kembar dalam kesempatan berbeda....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)